Inspirasi Manajemen Pendidikan
Vol 6, No 3 (2018)

MANAJEMEN PENGEMBANGAN KARIR TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ANGKATAN LAUT (STTAL) SURABAYA

ULTRASANI, DEBORA (Unknown)
, SUPRIYANTO (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2018

Abstract

Abstrak Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan teknologi atau seni, dan jika memenuhi persyaratan dapat menyelenggarakan pendidikan profesi tertentu juga yang berada didalam naungan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Untuk itu Untuk itu kapokdos dan kadeppers memegang peranan penting dalam mendukung terwujudnya pengembangan karir tenaga pendidik tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pengembangan karir tenaga pendidik di Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian adalah, (1) perencanaan pengembangan karir di STTAL ini dilaksanakan setiap ada program dari MABES AL atau Dinas Pendidikan, memiliki standar yang digunakan untuk pengembangan karir, dengan tahap-tahap yaitu mengelompokkan dosen dalam kategori jenjang pendidikan lalu diajukan pada pimpinan untuk disetujui. (2) pelaksanaan pengembangan karir di STTAL ini dimulai saat bimpers (pembinaan personil) yang ditanggungjawabi oleh departemen personil STTAL, direktorat akademis STTAL (D3, S1, dan S2), serta koordinator kelompok dosen di wilayah surabaya maupun di luar surabaya. (3) pengawasan pengembangan karir di STTAL ini dilakukan secara berkala, dimana disampikan setiap bulanan, semester atau tahunan, kemudian pihak yang mengevaluasi ini dilakukan oleh Badan Inspektorat STTAL yang langsung bertanggungjawab kepada Komandan STTAL, Mabes TNI AL, dan Mabes TNI. Pengawasan ini didukung juga dari mutu akademis tenaga pendidik dengan kualifikasi yang berkualitas dari lembaga penjamin mutu. Kata kunci : manajemen pengembangan karir, karir, tenaga pendidik Abstract Navy College of Technology (STTAL) Surabaya is a college that organizes academic education within the scope of a technological or artistic science discipline, and if it meets the requirements it can hold certain professional education also within the auspices of the Indonesian Navy. For this reason, kapokdos and kadeppers play an important role in supporting the realization of the career development of these educators. The purpose of this study was to describe the planning, implementation and supervision of the career development of educators in the Navy College of Technology (STTAL) Surabaya. This study uses a qualitative descriptive approach and a case study design. Data collection techniques are by interview, observation and documentation. Data analysis in this study uses condensation, data presentation, and data verification. The results of the study are, (1) career development planning in STTAL is carried out every time there is a program from MABES AL or the Education Office, having standards used for career development, with stages namely classifying lecturers in the education level category then submitted to the leadership for approval . (2) the implementation of career development at STTAL was started during bimpers (personnel development) which was accounted for by the STTAL personnel department, STTAL academic directorate (D3, S1, and S2), as well as the coordinator of lecturer groups in Surabaya and outside Surabaya. (3) supervision of career development in STTAL is carried out periodically, where it is submitted every month, semester or year, then the evaluating party is carried out by the STTAL Inspectorate Body which is directly responsible to the STTAL Commander, Indonesian Navy Headquarters, and TNI Headquarters. This supervision is supported also by the academic quality of educators with quality qualifications from quality assurance institutions. Keywords : management of career developmentt, career, educators

Copyrights © 2018