Inspirasi Manajemen Pendidikan
Vol 6, No 3 (2018)

MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS SARANA OLAHRAGA SMA MUAMMADIYAH 2 SIDOARJO

RAMADHANI KANDHI SYAHPUTRI, HOLY (Unknown)
TRIHANTOYO, SYUNU (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2018

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan layanan khusus sarana olahraga di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi, penyajian data dan verivikasi data. Data kemudian diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik creadibility, transferability, dependability, dan conformability. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Perencanaan layanan khusus SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo melibatkan Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab, waka kurikulum, waka sarpras, waka kesiswaan dan guru olahraga, dengan terlebih dahulu menentukan tujuan pelayanan yang kemudian menjadi dasar dalam menentukan jenis-jenis pelayanan, sumber dan alokasi dana, tugas dan tanggung jawab, alokasi waktu, serta aturan yang harus ditaati, (2) Implementasi layanan khusus sarana olahraga di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo berupa 3 bentuk pelayanan keolahragaan yaitu olaraga untuk pendidikan, olahraga untuk rekreasi dan olahraga untuk prestasi, (3) Evaluasi layanan khusus sarana olahraga di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dilakukan oleh pihak internal sekolah, dinas pendidikan, dan lembaga penjamin mutu (URS) dengan menggunakan form khusus supervisi. Kata Kunci: manajemen layanan khusus, sarana olahraga, bakat dan minat siswa. Abstract The purpose of this research is to find out and describe special sports facilities services at Muhammadiyah 2 High School Sidoarjo. This study use qualitative approach with a case study design. Data collection techniques in this study use interview, observation and documentation study techniques. The data obtained are then analyzed by condensation, data presentation and data verification techniques. The data was then tested for validity by using creadibility, transferability, dependability, and conformability techniques. The results of this study indicate: (1) Planning for special sport facilities services at Muhammadiyah 2 High School Sidoarjo involves the Principal as the person in charge, deputy head of curriculum, deputy head of infastructure, deputy head of student affairs and sports teachers, with the aim of determining, duties and responsibilities, time allocation, and rules that must be obeyed, (2) Implementation of special sports facilities services at Muhammadiyah 2 High School Sidoarjo are 3 forms of sports services namely sports for education, sports for recreation and sports for achievement, (3) Evaluation of special services for sports facilities at Muhammadiyah 2 High School Sidoarjo is carried out by internal schools, education offices, and guarantor institutions (URS) by using a special supervision form. Keywords: management of special services, sports facilities, students talents and interests.

Copyrights © 2018