J+PLUS UNESA
Vol 5, No 1 (2016): vol 6 tahun 2016

EVALUASI PENYELENGGARAAN PAUD DI KELOMPOK BERMAIN ASWOGARD GREEN SCHOOL SUKODONO SIDOARJO

HIDAYATI, NURUL (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2016

Abstract

Abstrak Pendidikan anak usia dini dewasa ini menjadi kebutuhan masyarakat. Meskipun berada pada tingkat paling rendah, tetapi merupakan landasan yang paling mendasar dan penentu keberhasilan di tingkat berikutnya. Oleh karena itu, Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini harus dilaksanakan secara professional dan terstandar. Pemerintah telah menetapkan standar Nasional PAUD yang tersusun dalam Permendiknas No. 137 tahun 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis penyelenggaraan PAUD dilihat dari Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini (STPPA), Standar Isi, Standar Proses serta Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, faktor pendukung dan penghambat di Kelompok Bermain Aswogard Green School Sukodono Sidoarjo. Penelitian menggunakan pendekatan deskritif kualitatif. Lokasi penelitian di Kelompok Bermain Aswogard Green School Desa Pademonegoro RT 13 RW 14 Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Sumber data penelitian meliputi kepala kelompok bermain, guru pendamping dan wali murid peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi,  dan dokumentasi. Metode analisis data dengan reduksi data, display data dan verifikasi data. Kriteria keabsahan data menggunakan kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dan tranferabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penyelenggaraan PAUD dilihat STPPA, KB Aswogard Green School Sukodono Sidoarjo menilai perkembangan anak melalui 5 aspek yaitu nilai agama-sosial emosional, fisik motorik, kognitif, bahasa, dan kreativitas. Dilihat dari Standar Isi, Tema yang disajikan mengacu pada kurikulum 2013 dan kurikulum yang menjadi kekhasan Aswogard Green School Sukodono dengan konsep sekolah alam. Penetapan tema melalui rapat antar pendidik secara top-down dengan merujuk pada tema tahun sebelumnya. Dilihat dari Standar proses, Program tahunan, program semester, RKH dan RKM dibuat oleh pendidik. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Klasikal, namun model pembelajaran ini sudah tidak digunakan di PAUD. Evaluasi pembelajaran dilakukan setiap hari, setiap tiga bulan dan setiap enam bulan. KB Aswogard Green School Sukodono tidak miliki instrumen pengawasan. Dilihat dari Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Kualifikasi akademik guru PAUD dari Sarjana Pendidkan Bahasa Inggris dan memiliki sertifikat PPG PAUD. Guru pendamping dan tenaga administrasi lulusan SMA dan memiliki sertifikat seminar/pelatihan PAUD. Guru PAUD paud telah memenuhi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Sedang guru pendamping dan tenaga administrasi dalam kompetensi professional belum memenuhi standar hal ini dikarenakan pengalaman yang terbatas. Adapun faktor pendukung antara lain: Pendidik memiliki sertifikasi PPG PAUD, Semangat pendidik yang tinggi, Alokasi waktu pembelajaran mengaji lebih lama, dan Penggunaan metode pembelajaran karyawisata. Adapun faktor penghambat antara lain: Pendidik mengajar rangkap kelas, Intervensi wali murid dalam proses pembelajaran, Model Pembelajaran yang membosankan, Tidak adanya pengawasan Pembelajaran dan Tidak adanya pembagian rombongan belajar menjadi kelompok A dan kelompok B. Kesimpulan bahwa penyelenggaraan PAUD di Kelompok Bermain Aswogard Green School dilihat dari STPPA, standar Isi, Standar proses serta Standar Tenaga Pendidik dan kependidikan belum mengacu pada Permendiknas No.137 tahun 2014.     Kata Kunci: Evaluasi penyelenggaraan PAUD, Standar PAUD   Abstract Early childhood education today has become the needs of society. Although is at the lowest level in the world of education, But, it is the most basic foundation and the forerunner of success at the next level. Related to thedescription above, the implementation of early childhood education it should be carried out in a professional and standardized. The Government has made early childhood standards contained Permendiknas 137 2014. This study aims to determine the Implementation of ECD seen Standards Achievement Level Child Development (STPPA), Content Standard, Process Standards and Standards of Teachers and Education Personnel, supporting and inhibiting factors in Playgroup Aswogard Green School Sukodono Sidoarjo. The research used a qualitative descriptive approach. The research location in Play Group Aswogard Green School Village Pademonegoro RT 13 RW 14, District of Sukodono Sidoarjo. Sources of data include the head of the playgroup, accompanying teachers and parents of students. Data collection technique used interview, observation, and documentation. Data analysis techniques with data reduction, data display and data verification. Criteria validity of the data using the credibility, dependability, confirmability and tranferability. The results showed the implementation of early childhood according to STPPA, Playgruop Aswogard Green School includes the development of a child considered from the aspect of religious-social emotional, physical-motor, cognitive, language, and artistic. According to the content standards, theme is made with a blend of 2013 curriculum and nature curriculum. Judging from the standard process includes planning, implementation and evaluation of learning. Planning of learning is created by educator before entering the new school year. Then, Implementation of learning used the classical method. Evaluation of learning is every day, every three months and every six months. Playgroup administrator does not perform oversight of learning to educators. Views of Teachers and Education Personnel Standards, academic qualifications of early childhood educatorsare not scholars but has been certified early childhood PPG. Accompanying teachers and administrative personnel have not had a professional competence due to the lack of experience. The supporting factors include PPG-certified early childhood educators, high spirit of educators, longer Learning recitation, and existence of a variety of interesting learning program. The inhibiting factor is the dual position/class of the educators, parents intervention to the learners during the learning process, bored learning methods, and lack of supervision of learning, moreover, there are no class divisions based on the age of learners. The conclusion of the implementation of early childhood education in preschool Aswogard Green School seen from STPPA ,Content Standards Processing Standards and Teachers Education Standards Personnel are not appropriate accordance with Permendiknas 137 in 2014.  Keywords: Evaluation of early childhood education organization, early childhood education Standards

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan J+PLUSUNESA merupakan jurnal ilmiah Pendidikan Luar Sekolah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca ...