J+PLUS UNESA
Vol 7, No 1 (2018)

STRATEGI PEMASARAN PROGRAM TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT PERKOTAAN DI TBM TAMAN FLORA KOTA SURABAYA

QOMARIAH, SITI (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2018

Abstract

ABSTRAK STRATEGI PEMASARAN PROGRAM TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT PERKOTAAN DI TBM TAMAN FLORA KOTA SURABAYA Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran program Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dengan menggunakan alat pemasaran yang dikenal dengan Marketing Mix 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Proceses) guna meningkatkan minat baca masyarakat perkotaan di TBM Taman Flora Kota Surabaya, dimana pengunjung/penggunanya masih sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang sudah dilakukan oleh TBM Taman Flora.Dalam penelitian ini ada 8 informan, 3 informan pengelola TBM, dan 5 informan pengunjung TBM Taman Flora. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Dalam penelitian ini diambil informan utama secukupnya untuk diwawancarai menggunakan HP. Data yang telah terkumpul diolah kembali dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan simpulan untuk mengetahui hasil penelitian. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TBM Taman Flora Kota Surabaya dalam memasarkan TBM menggunakan alat pemasaran Marketing Mix 7P, meliputi : 1) Product (Produk) TBM Taman Flora memiliki produk berupa koleksi tercetak yang bersifat umum dan layanan jasa untuk masyarakat. 2) Price (Biaya) TBM Taman Flora tidak menerapkan biaya sedikitpun kepada masyarakat, semua layanan informasi dapat diakses dengan gratis. 3) Place (Tempat) Karena berada di tengah kota Surabaya Taman Flora mudah diakses oleh pengunjung. 4) Promotion (Promosi) Dalam memperkenalkan TBM kepada masyarakat, TBM Taman Flora telah bekerjasama dengan masyarakat yang ada disekitar taman flora. Selain itu juga melalui banner, papan plakat, blog, dan beberapa kegiatan lainnya. 5) People (Orang) Pengelola TBM Taman Flora adalah lulusan S1 Humaniora dan SMK, pengelola TBM mengikuti bimbingan teknis terkait pengelolaan TBM guna meningkatkan pelayanan yang terbaik untuk pengunjung. 6) Physical Evidence (Sarana Fisik) Ruang TBM didesain menjadi ruangan yang nyaman dengan sirkulasi udara yang cukup sehingga pengunjung betah berada di TBM, namun perlu adanya pemenuhan sarpras seperti halnya akses internet. 7) Processes (Proses) Pelayanan di TBM Taman Flora telah dilakukan dengan sebaik-baiknya, namun perlu ditingkatkan lagi guna memenuhi kebutuhan dan memuaskan pengunjung. Strategi pemasaran yang di lakukan oleh TBM Taman Flora belum efektif dalam meningkatkan minat baca masyarakat, sebab TBM Taman Flora belum dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah pengunjung. Simpulan dari penelitian ini, yaitu ; 1) Strategi pemasaran yang dilakukan di TBM Taman Flora menggunakan alat pemasaran Marketing Mix 7P, 2) Dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat perkotaan TBM Taman Flora belum efektif, dikarenakan keberadaan produk dan jasa layanan TBM belum maksimal. Saran yang diberikan kepada TBM yaitu perlu diperbaiki keberadaan produk dan layanan - layanan jasa yang masih memiliki kinerja yang kurang baik bagi pengunjung. Sehingga pengunjung semakin puas dan nyaman terhadap pelayanan-pelayanan yang ada di TBM dan tertarik mengunjungi TBM Taman Flora.Kata Kunci : Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Strategi Pemasaran, Minat Baca Masyarakat ABSTRACT MARKETING STRATEGIES OF COMMUNITY LIBRARY (TBM) PROGRAM IN IMPROVING INTEREST READ OF URBAN SOCIETY IN TBM FLORA PARK SURABAYA CITY The problem in this research is How can a marketing strategy program Community Library (TBM) using a marketing tool known as the Marketing Mix 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Proceses) in order to increase public interest urban in TBM of Flora Park Surabaya City, where visitors / users are still few. The reseach aims to analyze the marketing strategy that has been sealed ukan by TBM Wildlife Flora.In this study there are 8 informants, 3 TBM management informants, and 5 informants visitors TBM of Flora Park. This research uses descriptive analysis with qualitative approach. Technique of data collecting done by using some method that is observation method, method of interview, and method of documentation. In this study the main informants were taken sufficiently to be interviewed using Handphone. The collected data is processed again by using data collection, data reduction, data presentation, data verification and conclusion drawing to know the result of the research. While the test data validity using source triangulation.The results of this study indicate that TBM of Flora Park in Surabaya City using marketing tools Mix 7P Marketing, including: 1) Product - TBM of Flora Park has a product in the form of public printed collectibles and services for the community. 2) Price - TBM of Flora Park does not charge any fees to the community, all information services can be accessed for free. 3) Place - Being in the middle of Surabaya Flora Park is easily accessible to visitors. 4) Promotion - In introducing TBM to the community, TBM of Flora Park has been working with the community around the flora park. In addition, through banners, plaque boards, blogs, and some other activities. 5) Browse - TBM Manager of Flora Park is a graduate of S1 Humaniora and SMK, TBM managers follow technical guidance related to TBM management in order to improve the best service for visitors. 6) Physical Evidence - TBM room is designed to be a comfortable room with adequate air circulation so that visitors feel at home in TBM, but need the fulfillment of sarpras as well as internet access. 7) Processes- The service at TBM of Flora Park has been done well, but needs to be improved again to meet the needs and satisfy the visitors. The marketing strategy undertaken by TBM of Flora Park has not been effective in increasing the interest of reading the community, because TBM of Flora Park has not been able to maintain and increase the number of visitors.The conclusions of this research, namely; 1) The marketing strategy undertaken at TBM of Flora Park using marketing tools Mix 7P, 2) In an effort to improve the reading interest of TBM of Flora Park urban community has not been effective, due to the existence of TBM products and services is not maximal yet. The advice given to the TBM need is repaired where products and services that still have poor performance for visitors. So that visitors more satisfied and comfortable to the existing services in TBM and interested to visit TBM of Flora Park. Keywords : Community Library (TBM), Marketing Strategies, Interest Read of Community

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan J+PLUSUNESA merupakan jurnal ilmiah Pendidikan Luar Sekolah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca ...