Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
Vol 8, No 2 (2018): Volume 8 Nomer 2 Tahun 2018

PENERAPAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR TEKNIK BIBLIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 UJUNGPANGKAH GRESIK

ZAINAL ARIF, MOHAMMAD (Unknown)
WININGSIH, EVI (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 1970

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena siswa yang memiliki masalah mengenai penyesuaian diri bahwa ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam menyesuaikan dirinya dengan teman dan lingkungan baru disekolah, yang diketahui berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru BK di SMPN 1 Ujungpangkah Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling kelompok cognitive behavior dengan teknik biblioterapi dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN 1 Ujungpangkah Gresik. Penelitian ini menggunakan desain pre experimental design dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Dengan subjek yang memiliki penyesuaian diri yang tergolong rendah sebanyak 4 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket penyesuaian diri dengan 28 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa didalam kotak Ranks. Negative Ranks atau selisih negatif menunjukkan angka 0 baik itu pada nilai N (banyaknya pasangan yang menunjukkan perbedaan), Mean Rank maupun Sum of Rank. Nilai 0 ini menunjukkan tidak adanya pengurangan dari nilai pre-test maupun post-test. Positive Ranks atau selisih positif menunjukkan bahwa terdapat 4 data positif (N) yang artinya ke 4 siswa mengalami peningkatan. Mean Rank atau rata-rata peningkatan skor tersebut adalah 2.50 sedangkan jumlah Sum of Rank atau rangking positif sebesar 10.00. Kemudian Ties merupakan kesamaan nilai pre-test dan post-test yang menunjukkan angka 0, sehingga dapat dikatakan tidak ada nilai yang sama antara pre-test dan post-test. Pada kotak Test Statistic diketahui nilai Z adalah -1841 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,016. Bila dalam ketetapan ? (taraf kesalahan) sebesar 5% maka 0,016 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok cognitive behavior dengan teknik biblioterapi dapat meningkatkan kemampuan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMPN 1 Ujungpangkah Gresik. Kata kunci : Konseling Kelompok, Biblioterapi, Penyesuaian Diri

Copyrights © 2018