Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
Vol 10, No 1 (2019)

BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 SURABAYA

RIZEKIA, VIVI (Unknown)
CHRISTIANA, ELISABETH (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karir siswa dengan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas XI SMAN 3 Surabaya. Berdasarkan permasalahan yang diteliti tentang perencanaan karir siswa yang rendah disebabkan oleh siswa belum mengetahui kepribadiannya, bakat- minat, serta kurangnya pengetahuan tentang program studi lanjut dan jenis-jenis karir. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan one group pre-test and post-test design dengan menggunakan angket yang telah divalidasi sebagai alat pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa kelas XI di SMAN 3 Surabaya yang memiliki skor perencanaan karir rendah. Hasil jumlah subjek pretest yaitu 627 dengan rata-rata 105 dikategorikan ke dalam kategori rendah dan hasil jumlah subjek posttest yaitu 808 dengan rata-rata 135 dikategorikan ke dalam kategori sedang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik non parametrik dengan uji Wilcoxon versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,028. Dalam ketetapan ? (taraf kesalahan) sebesar 5% maka 0,028 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima artinya ada perbedaan nilai antara pre-test dan post-test sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam meningkatkan perencanaan karir siswa. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Perencanaan Karir

Copyrights © 2019