Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan (JMTP)
Vol 8, No 1 (2017): Volume 8 Nomer 1 Tahun 2017

PENGEMBANGAN E-MODUL TENTANG PENGGUNAAN SCENE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 LAMONGAN

ADAWIYAH, ROBIATUL (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan  dan menguji kelayakan e-modul tentang penggunaan scene pada mata pelajaran teknik animasi 2 dimensi kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Lamongan dan (2) menguji keefektifan e-modul tentang penggunaan scene pada mata pelajaran teknik animasi 2 dimensi kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Lamongan. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Dimana model ADDIE ini model yang sederhana, mudah dipelajari dan memiliki struktur yang sistematis. Metode Penelitian adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur, angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dari angket ahli materi dan ahli media menyimpulkan bahwa media termasuk dalam kategori sangat baik dan layak digunakan. Sedangkan untuk hasil belajar menunjukkan bahwa media dapat meningkatkan hasil belajar, hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari 81,8 menjadi 91,8. Dan adanya hasil uji t dimana t hitung mempunyai hasil yang lebih besar dengan t tabel yaitu 14,7 untuk t hitung dan 2,042 untuk t tabel dengan demikian media E-Modul diyatakan efektif. Penelitian pengembangan ini secara khusus diperuntukkan bagi peserta didik kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Lamongan yakni pada mata pelajaran teknik animasi 2 dimensi materi penggunaan scene. E-Modul ini digunakan untuk materi yang termasuk konsep, E-Modul dapat digunakan untuk peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, audio maupun kinestetik karena E-Modul merupakan bahan ajar yang digunakan secara mandiri. Saran pengembangan produk lanjutan yaitu pengembangan media E-Modul ini dapat dikembangkan lagi dengan cakupan yang lebih luas dan beragam. Pengembangan media E-Modul ini dapat dijadikan salah satu atau bahan belajar mandiri yang dapat dikembangkan oleh guru sekolah menengah kejuruan yang lain. Kata kunci: E-Modul, Penggunaan Scene, Multimedia, ADDIE, Hasil Belajar Abstract The objectives of this research were (1) to develop and test the feasibility of e-module about the use of scene on 2-dimensional animation class XI Multimedia in SMK Negeri 1 Lamongan and (2) to test the effectiveness of e-module about the use of scene on 2-dimensional animation class XI Multimedia in SMK Negeri 1 Lamongan. This development used the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) model. Which is the ADDIE model was a simple model, easy to learn and had a systematic structure. The research method was descriptive qualitative and quantitative. The data were collected by using unstructured interview techniques, questionnaires and tests. Based on the results of data analysis from a questionnaire’s of material and media experts, it can be concluded that the media is included in a very good category and feasible to use. While the learning result indicated that media can improve the learning result.  It is proved by the mean of learning result of learners which have increase from 81,8 to 91,8. And the result of t-test where t count has a bigger result with t table that is 14,7 for t arithmetic and 2,042 for t table. So, it can be stated that media E-Module is effective. This development research is specifically intended for students of class XI Multimedia in SMK Negeri 1 Lamongan that is on the subject of 2 dimensional animation technique using scene material. E-Module is used for materials that include concepts, E-Modules can be used for learners who have visual, audio and kinesthetic learning styles because E-Modules are teaching materials that are used independently. Suggestion of advanced product development is E-Module media development can be developed again with wider coverage and variety. Development of E-Module media can be either one or self-learning materials that can be developed by other vocational high school teachers. Keywords: E-Modules, Penggunaan Scene, Multimedia, ADDIE, Learning Outcomes

Copyrights © 2017