Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan (JMTP)
Vol 9, No 2 (2018): Volume 9 Nomer 2 Tahun 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI POKOK DINAMIKA LITOSFER KELAS X IPS SMA PONOROGO

LATIFAH, ARINATUL (Unknown)
DEWI, UTARI (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2018

Abstract

Abstrak Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran diperoleh data bahwa di kedua sekolah tersebut terdapat masalah belajar yang cukup serius yaitu sekitar 72 siswa dari 73 siswa masih mendapatkan nilai yang berada di bawah 75 atau dibawah KKM pada mata pelajaran geografi materi dinamika litosfer. Kurangnya variasi dalam pemberlajaran juga menjadi salah satu penyebab hasil belajar peserta didik kurang maksimal.Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) merupakan salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut . Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pokok Dinamika Litosfer Kelas X IPS SMA Ponorogo, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa Kelas X IPS pada mata pelajaran Geografi materi pokok Dinamika Litosfer di SMAN 1 Slahung Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara untuk memperoleh data awal penelitian, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan observasi untuk mengamati aktivitas belajar yang berkaitan dengan proses belajar mengajar. Sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan rumus One Way Anava, dengan prasyarat sebelum melakukan perhitungan Anava terlebih dahulu melakukan perhitungan homogenitas dan normalitas. Berdasarkan hasil analisis data observasi aktivitas belajar dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar yang berkaitan dengan keterlaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil analisis data dari hasil belajar siswa menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar, hal tersebut dapat dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada kelas Eksperimen 1 (SMA Negeri 1 Slahung) dari 41 menjadi 77 dan pada kelas Eksperimen 2 (SMA Negeri 1 Balong) siswa mengalami peningkatan nilai dari 25 menjadi 75, hal ini juga dibuktikan dengan adanya hasil uji One-way Anava f hitung memperoleh hasil yang lebih besar dari f table yaitu f hitung Kelas Eksperimen 1 (X IPS 1 SMA Negeri 1 Slahung) = 77,25 > f tabel = 4,03 sedangkan untuk f hitung Kelas Eksperimen 2 (X IPS 1 SMA Negeri 1 Balong) = 47,39 > f tabel = 4,04 dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) ada pengaruh terhadap hasil belajar. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT), Geografi, Dinamika Litosfer, Hasil Belajar

Copyrights © 2018