Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan (JMTP)
Vol 9, No 2 (2018): Volume 9 Nomer 2 Tahun 2018

OPTIMALISASI PEMANFAATAN MEDIA BONEKA TANGAN DENGAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK KECAMATAN LEKOK KABUPATEN PASURUAN

WAHYU WARDANI, ADI (Unknown)
DEWI, UTARI (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2018

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi pemanfaatan media boneka tangan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak. Penelitian pemanfaatan ini menggunakan metode bercerita. Metode ini disajikan menggunakan media boneka tangan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui aspek bahasa. Penggunaan media boneka tangan membutuhkan guru dalam memperagakan boneka tangan dan peran anak dalam mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru.Penelitian pemanfaatan ini dilakukan di tiga sekolah yaitu di TK Dharmawanita Persatuan IV Branang, TK Dharmawanita Tampung II, dan TK RA Al Hikmah Branang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Observasi untuk mengumpulkan data tentang pemanfaatan media boneka tangan oleh guru. Metode bercakap-cakap digunakan untuk mengukur keterampilan berbicara anak. Pendekatan penelitian ini digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi pemanfaatan media boneka tangan yang diperagakan oleh guru dengan menggunakan metode bercerita termasuk dalam kategori baik. Pada penelitian pemanfaatan media boneka tangan ini maka dapat diperoleh data dari 3 sekolah sebagai berikut: TK Dharmawanita Persatuan IV Branang sebelum menggunakan media diperoleh 18% Menurut Arikunto (dalam Arthana, 2005:80) presentase tersebut dalam kategori kurang. Dan setelah menggunakan media diperoleh 72%, Menurut Arikunto (dalam Arthana, 2005:80) presentase tersebut dalam kategori baik. Selanjutnya di TK Dharmawanita Tampung II sebelum menggunakan media diperoleh 22% Menurut Arikunto (dalam Arthana, 2005:80) presentase tersebut dalam kategori kurang , dan setelah menggunakan media diperoleh 79,75% Menurut Arikunto (dalam Arthana, 2005:80) presentase tersebut dalam baik. Dan yang terakhir di TK Al Hikmah Branang sebelum menggunakan media diperoleh 23,2% Menurut Arikunto (dalam Arthana, 2005:80) presentase tersebut dalam kategori kurang. Dan setelah menggunakan media diperoleh presentase 87% Menurut Arikunto (dalam Arthana, 2005:80) presentase tersebut dalam kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa optimalisasi pemanfaatan media boneka tangan jika digunakan sesuai prosedure yang sudah ada maka media tersebut sangat berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak TK. Kata Kunci : Media boneka tangan, metode bercerita, keterampilan berbicara Abstract This utilization research was conducted in three schools, namely TK Dharmawanita Persatuan IV Branang, TK Dharmawanita Tampung II, and TK RA Al Hikmah Branang. The data collection method used is observation and conversation method. Observation to collect data about hand puppet media utilization by teacher. The method of conversation is used to measure childrens. The approach of this research is descriptive quantitative and qualitative. The results of this study indicate that the optimization of the use of hand puppet media that exhibited by the teacher by using the story telling method included in either category. In this research, the data can be obtained from 3 schools as follows: TK Dharmawanita Unity IV Branang before using media obtained 18% According to Arikunto (in Arthana, 2005: 80) the percentage is in less category. And after using media obtained 72%, According to Arikunto (in Arthana, 2005: 80) the percentage is in good category. Furthermore, in TK Dharmawanita Tampung II before using media obtained 22% According to Arikunto (in Arthana, 2005: 80) the percentage is in less category, and after using media obtained 79.75% According Arikunto (in Arthana, 2005: 80) the percentage is in good. And the last in kindergarten Al Hikmah Branang before using media obtained 23.2% According Arikunto (in Arthana, 2005: 80) the percentage is in the category less. And after using media obtained percentage 87% According Arikunto (in Arthana, 2005: 80) percentage is in good category. So it can be concluded that the optimization of the use of hand puppet media if used according to existing procedures then the media is very influential in improving the skills of speakingkindergartenchildren. Keywords : Hand puppet media, storytelling method, speaking skills

Copyrights © 2018