Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan (JMTP)
Vol 9, No 2 (2018): Volume 9 Nomer 2 Tahun 2018

PENGEMBANGAN MEDIA MODUL CETAK PADA POKOK BAHASAN BUMI DAN ALAM SEMESTA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN KELAS V SDN SUMBERKEPUH I TANJUNGANOM NGANJUK

WICHAKSONO, ARGA (Unknown)
DEWI, UTARI (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2018

Abstract

Pendidikan dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan manusia agar dapat mengembangkan potensi dan kemampuannya. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di SDN Sumberkepuh I Tanjunganom Nganjuk, pada materi Bumi dan Alam Semesta, peneliti menemukan siswa hanya menyimak saja penjelasan dari gurunya. Setelah melakukan observasi peneliti menemukan bahwa cara penyampaian materi menggunakan metode ceramah. Cara penyampaian materi yang digunakan kurang menarik minat siswa. Dari permasalahan tersebut siswa membutuhan media yang bisa menarik minat siswa dan dapat dipelajari disekolah maupun dirumah secara mandiri, untuk itu peneliti membuat media yang berbasis cetak yaitu media modul Bumi dan Alam Semesta.Dalam penelitian ini juga terdapat tiga tujuan yaitu menghasilkan media modul cetak Bumi dan Alam Semesta untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa . Mengetahui tingkat kelayakan media modul Bumi dan Alam Semesta untuk Siswa SDN Sumberkepuh I Tanjunganom Nganjuk . Mengatahui keefektifan media modul dalam meningkatkan minat dan pemahaman Siswa .Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R&D) menurut Sugiyono, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan tes serta jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validasi media modul ini berdasarkan pada hasil wawancara ahli materi adalah 82% (sangat baik), pada hasil wawancara ahli media adalah 90% (sangat baik). Sedangkan dari hasil uji coba perorangan (3 siswa) adalah 86,43% (sangat baik), dan pada uji coba kelompok kecil (9 siswa) adalahh 87,75% (sangat baik). Berdasarkan hasil validasi media oleh para ahli dan uji coba oleh para siswa maka dapat disimpulkan bahwa media modul cetak yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.Dari hasil analisis test menunjukkan bahwa nilai pre-test rata-rata sebesar 59 dan nilai post-test rata-rata sebesar 94,9 sehingga dapat diketahui bahwa nilai post-test lebih besar dari pada pre-test dan pada perhitungan uji T dengan thitung sebesar 12,73 menggunakan taraf signifikansi 5% dan didapatkan ttable sebesar 2,056 jadi thitung lebih besar dari pada ttable yaitu 12,73 > 2,056 maka dapat disimpulkan bahwa media modul cetak yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci: Pengembangan, Media Modul, IPA, Bumi dan Alam Semesta

Copyrights © 2018