Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan (JMTP)
Vol 9, No 2 (2018): Volume 9 Nomer 2 Tahun 2018

PENGEMBANGAN MEDIA CAI PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL MATERI POKOK PRESENTASI VIDEO BRANDING DAN MARKETING UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA 2 DI SMK NEGERI 1 BANGKALAN

MUDYAWATI, VERA (Unknown)
DEWI, UTARI (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2018

Abstract

Mata pelajaran Simulasi Digital merupakan mata pelajaran yang membekali siswa agar dapat mengkomunikasikan gagasan atau konsep yang dikemukakan sendiri maupun orang lain serta mewujudkannya melalui presentasi video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media CAI yang dikembangkan pada pesertadidik kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 di SMK Negeri 1 Bangkalan. Media CAI dikemas dalam bentuk CD dan bahan penyerta dengan ukuran A5 yang di dalamnya memuat tujuan pembelajaran, materi, latihan soal dan quiz, sehingga siswa dapat lebih giat belajar. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 di SMK Negeri 1 Bangkalan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R&D. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus uji tanda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media CAI yang dikembangkan dengan materi pokok simulasi visual dikatakan layak dari aspek materi maupun media. Pada ahli materi dikategorikan sangat baik dengan presentase 93% sedangkan pada ahli media dikategorikan sangat baik dengan presentase 93%. Berikutnya, untuk hasil uji coba angket perseorangan yang dikategorikan sangat baik dengan perolehan presentase 93,3%, hasil uji coba angket kelompok kecil dikategorikan sangat baik dengan perolehan presentase 92%, dan uji coba angket kelompok besar dikategorikan baik sekali dengan perolehan presentase 92,32%. Pada hasil pre-test dan post-test yang dilakukan dengan menggunakan analisis data uji tanda (sign tes) diperoleh hasil Chi Kuadrat tabel dengan dk = 1 dan kesalahan 5% (0,05), maka harga Chi Kuadrat tabel = 3,841. Harga Chi Kuadrat hitung 30,031. Jadi, 30,031 > 3,841. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam menggunakan media CAI tutorial terdapat pengaruh meningkatnya hasil belajar siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 di SMK Negeri 1 Bangkalan. Sehingga berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media CAI tutorial pada mata pelajaran simulasi digital materi pokok presentasi video untuk branding dan marketing dikatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, Media CAI, Presentasi Video, Hasil Belajar.

Copyrights © 2018