Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak
Vol. 13 No. 2 (2018)

Perbandingan Sifat Antioksidan Propolis pada Dua Jenis Lebah (Apis mellifera dan Trigona sp.) di Mojokerto dan Batu, Jawa Timur, Indonesia

Djalal Rosyidi (Department of Animal Food Science and Technology, Faculty of Animal Science, University of Brawijaya)
Lilik Eka Radiati (Minat Teknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya, Jl. Veteran Malang, 65145,)
Sri Minarti (Minat Produksi, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya, Jl. Veteran Malang, 65145, Indonesia)
Mustakim Mustakim (Minat Teknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya, Jl. Veteran Malang, 65145,)
Agus Susilo (Minat Teknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya, Jl. Veteran Malang, 65145,)
Firman Jaya (Minat Teknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya, Jl. Veteran Malang, 65145,)
Abdul Azis (Alumni Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya, Jl. Veteran Malang, 65145, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan aktivitas antioksidan, kadar total fenolik dan kadar total flavonoid propolis dari dua jenis lebah dan lokasi yang berbeda. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah propolis yang dihasilkan dari Apis mellifera dan Trigona sp. yang digembalakan di dua lokasi yang berbeda yaitu Batu dan Mojokerto. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif. Aktivitas antioksidan tertinggi dan terendah ditunjukkan oleh propolis Trigona sp. asal Mojokerto (987.24 µg/g) dan propolis Trigona sp. asal Batu (166.25 µg/g). Kadar total flavonoid tertinggi dan terendah ditunjukkan oleh propolis Apis mellifera asal Mojokerto (1.990 mg/g) dan propolis Trigona sp. asal Mojokerto (1.000 mg/g). Kadar total fenolik tertinggi dan terendah ditunjukkan oleh propolis Apis mellifera asal Mojokerto (21.980 mg/g) dan propolis Trigona sp asal Mojokerto (9.603 mg/g). Propolis Apis mellifera asal Mojokerto memiliki kandungan total flavonoid dan fenoil tertinggi dan propolis Trigona sp. asal Mojokerto memiliki nilai aktivitas antioksidan, total flavonoid dan total fenolik terendah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jitek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Other

Description

Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak (JITEK) is published by Department of Animal Product Technology, Faculty of Animal Science, University of Brawijaya, Malang, Indonesia. JITEK is a peer reviewed biannual journal (April and October) that mediate the dissemination of researchers in animal ...