TAZKIYA JOURNAL OF PSYCHOLOGY
Vol 6, No 1 (2018): TAZKIYA Journal of Psychology

Pengaruh Motivasi Bermain Game Online Mmorpg dan Dukungan Sosial Terhadap Adiksi Game Online Pada Remaja di Tangerang

Putri Rachmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi bermain game online dan dukungan sosial terhadap adiksi game online pada remaja. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 270 remaja pemain game online MMORPG yang tersebar di Indonesia. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala adiksi game online yang disusun oleh Law dan Chang (2007) skala dukungan sosial yang disusun oleh Sarafino (1998), skala motivasi bermain game online yang disusun oleh Yee (2006). Uji validitas alat ukur menggunakan CFA dan analisis statistik menggunakan multiple regression. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara bersamaan motivasi bermain game online MMORPG dan dukungan sosial mempengaruhi adiksi game online. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, disarankan untuk menambahkan variabel lain.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tazkiya

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

TAZKIYA Journal of Psychology is a peer-reviewed scientific journal published by the Faculty of Psychology, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN). It aims to facilitate interaction, discussion, and further the advancement of ideas among Indonesian psychological scientists and to ...