Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender
Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender, 12(1), 2016

Islam, Gender, dan Kewirausahaan dalam Pespektif Budaya Muslim Indonesia: Kendala dan Strategi Peningkatan Partisipasi Perempuan

Nur Hidayah (IAIN Banten dan UIN Syahid Jakarta)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2016

Abstract

Paper ini berupaya menganalisa rendahnya tingkat partisipasi perempuan di sektor wirausaha di Indonesia dari perspektif budaya Muslim Indonesia. Penulis berargumen bahwa diperlukan transformasi budaya Muslim di Indonesia ke arah yang lebih progresif untuk menumbuh-kembangkan budaya wirausaha di kalangan Muslim Indonesia dan meningkatkan partisipasi perempuan dalam berwirausaha. Berbagai kendala yang diidentifikasi diupayakan dicarikan solusi dan strategi untuk mengeliminir kesenjangan gender di bidang ini. Paper ini berupaya melakukan kritik terhadap wacana keagamaan dan budaya Muslim di Indonesia yang mengindikasikan masih rendahnya budaya kewirausahaan di kalangan umat Islam. Selanjutnya paper ini berupaya menggali khazanah nilai-nilai Islam dan budaya Muslim di Indonesia beserta preseden historisnya untuk direvitalisasi dan dijadikan landasan bagi transformasi nilai-nilai dan lembaga-lembaga keagamaan Islam sehingga dapat lebih mendorong kewirausahaan di kalangan umat Islam, termasuk perempuan, dalam rangka mewujudkan tatanan masyarakat yang lebih berkeadilan dan berkesetaraan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

psga

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender is published by the Center for Gender and Child Studies (Pusat Studi Gender dan Anak) LP2M, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. the journal has been issued two times a year. Harkat invites scholarly articles on gender and child studies from multiple disciplines ...