Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 3, No 1 (2019): Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan

PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS GAMES DENGAN PENUGASAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU ALAMIAH DASAR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS, FKIP, UNIVERSITAS PAKUAN

Indri Yani (Unknown)
Lufti Hari Susanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2019

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Alamiah Dasar dengan menerapan pembelajaran aktif berbasis permainan (games) dengan penugasan mind mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di program studi pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Pakuan Bogor, bulan Juni - Agustus tahun pelajaran 2014/2015. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV kelas B dengan jumlah mahasiswa sebanyak 32 orang. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tiap akhir siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah dikalibrasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran aktif berbasis permainan (games) dengan penugasan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar ilmu alamiah dasar. Hal tersebut terlihat dari perubahan rata-rata hasil belajar Ilmu Alamiah Dasar pada pra siklus yaitu 70 atau ketuntasan klasikal 45% dari 32 siswa. Pada siklus I menjadi 74,85 atau ketuntasan klasikal 74,87 dan pada siklus II mencapai81,56 atau ketuntasan klasikal 83,33.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagonal

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan is a journal aims to be a leading peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on education, teaching, and learning as well as related topics that has neither been ...