Jurnal Simetris
Vol 11, No 1 (2020): JURNAL SIMETRIS VOLUME 11 NO 1 TAHUN 2020

DESAIN DAN IMPLEMENTASI INVERTER 3 FASA DENGAN PENAMBAHAN PUSH-PULL CONVERTER

Fifi Hesty Sholihah (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya - PENS)
Nur Rohmat Hadianto (Departemen Mekanika dan Energi, Program Studi Sistem Pembangkit Energi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
Mustaghfiri Mustaghfiri (Departemen Mekanika dan Energi, Program Studi Sistem Pembangkit Energi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Energi surya merupakan jenis renewable energy yang mempunyai potensi besar di indonesia. Energi surya dapat dikonversi menjadi energi listrik menggunakan PV. Berhubung dengan meningkatnya kebutuhan energi di Indonesia serta diberlakukan feed in tariff oleh pemerintah, maka akan mempermudah untuk jual beli listrik melalui sistem on-grid. Pada penelitian ini membahas desain dan implementasi inverter 3 fasa yang terkoneksi grid. Rangkaian inverter 3 fasa ini menggunakan sinyal sinusoidal pulse width modulation (SPWM) yang dibangkitkan oleh Arduino. Kemudian sinyal SPWM digunakan untuk masukan rangkaian driver IR2113. Pada perancangan ini menambahkan push-pull converter sebagai suplai inverter 3 fasa. Push-pull converter menggunakan sinyal PWM dari IC SG3525. Duty cycle yang dihasilkan dapat diatur sesuai dengan tegangan yang ingin dihasilkan. Rangkaian ini menggunakan high frequency transformer sebagai step up tegangan. Pada variasi tegangan input 36 volt sampai 66 volt menghasilkan tegangan yang stabil pada 440 volt. Pada pengujian sistem menggunakan tegangan grid 175 volt. Sehingga menghasilkan tegangan line-line 311 Vrms dan tegangan line-neutral 179,5 Vrms.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

simet

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Simetris terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu untuk periode April dan periode November. Naskah yang diajukan adalah karya ilmiah orisinal penulis dalam bidang teknik elektro, teknik mesin atau ilmu komputer, yang belum pernah diterbitkan dan tidak sedang diajukan untuk diterbitan di ...