Publication Library and Information Science
Vol 3, No 2 (2019)

Promosi Perpustakaan Melalui Instagram: Studi di Perpustakaan Universitas Airlangga

Putut Suharso (Universitas Diponegoro)
Aninda Nurwindu Pramesti (Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

Artikel berisi tentang bagaimana promosi perpustakaan lewat media sosial Instagram. Interaksi antara pustakawan dengan pemustaka saat ini bisa dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Peneliti secara khusus mengamati salah satu akun perpustakaan perguruan tinggi yaitu Universitas Airlangga. Bagaimana berkomunikasi dengan pemustaka lewat Instagram merupakan salah satu cara yang efektif dalam melakukan sebuah promosi di perpustakaan perguruan tinggi. Artikel ini juga melihat bagaimana bentuk-bentuk interaksi yang ditawarkan aplikasi Instagram dan bagaimana pihak Perpustakaan Universitas Airlangga menggunakan fasilitas yang terdapat di Instagram Itu sendiri. Metode pengambilan data melalui observasi di akun Instagram Universitas Airlangga dan melakukan studi pustaka yang telah ada. Kajian ini dilakukan secara intensif selama 3 (tiga) bulan, yaitu dari bulan Agustus - Oktober 2019 untuk melihat bagaimana perpustakaan melakukan promosi perpustakaan lewat Instagram. Hasil dari kajian yang kami lakukan perpustakaan Airlangga telah memanfaatkan semua fasilitas yang ada di Instagram dalam melakukan promosi perpustakaan. Perpustakaan telah menggunakan Fasilitas Instagram Story, Upload Video, upload Foto, bahkan melakukan Live Instagram guna melakukan promosi perpustakaan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PUBLIS

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Publication Library and Information Science is a Journal of Periodical Publication managed by Technical Unit of Library (UPT Perpustakaan) Universitas Muhammadiyah ...