Buletin KKN Pendidikan
Vol. 1, No. 2, Desember 2019

PENINGKATAN ANTUSIASME DAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PBM MELALUI METODE TALKING STICK DI MIM JATISARI KEDUNGDOWO, BOYOLALI

Sabardila, Atiqa (Unknown)
Fachri, Arif Rahman (Unknown)
Santoso, Eric (Unknown)
Aini, Ninik Nur (Unknown)
Safitri, Mila (Unknown)
Putri, Dita Meinindya (Unknown)
Damayanti, Novita Aisah (Unknown)
Hermawati, Linda (Unknown)
Pratiwi, Adisti Nur (Unknown)
Safira, Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2020

Abstract

Proses belajar-mengajar merupakan suatu cara guru dan murid berinteraksi dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menarik minat belajar siswa. Untuk itu, guru sangat penting memilih metode pembelajaran supaya siswa semangat dan termotivasi untuk belajar di sekolah. Metode talking stick yang telah diterapkan di MIM Jatisari, Kedongdowo, Boyolali merupakan metode yang tepat dalam meningkatkan antusiasme dan pemahaman belajar siswa. Aplikasi metode ini telah menjadikan siswa dengan mudah memahami apa yang mereka pelajari, membuat siswa aktif di dalam kelas, mendapat kesempatan yang sama karena mendapat giliran memegang tongkat yang mengharuskan mereka menjawab pertanyaan guru, dan berpengalaman mengekspresikan pendapatnya di kelas. Metode ini berbeda dengan metode yang biasa digunakan oleh guru di MIM Jatisari tersebut. Metode ini lebih santai dan sesuai untuk siswa yang sulit memahami materi, serta dapat merangsang keingintahuan siswa dalam mendalami pengetahuan. Hal tersebut diharapkan mampu mengembalikan fokus siswa dalam belajar dan membuat siswa dapat memahami materi dengan mudah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

buletinkkndik

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Lingkup kajian Buletin KKN-Dik adalah kegiatan pengabdian masyarakat dan/atau KKN Dik yang dapat berupa: (a) penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat pendidikan; (b) pemahaman kondisi pendidikan masyarakat di ...