JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi
Vol 11, No 1 (2020): April 2020

UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI KERJA PADA PERUSAHAAN JASA KONTRUKSI MELALUI PENDEKATAN TEORI KEBUTUHAN MASLOW

Handayani, Sri (Unknown)
Haryono, Siswoyo (Unknown)
Fauziah, Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya peningkatan motivasi kerja yang dilakukan dan karakteristik dimensi kebutuhan Maslow  diimplementasikan pada perusahaan jasa kontruksi anggota GAPANSI (Gabungan Pelaksana Konstruksi Seluruh Indonesia) Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian deskriptif dengan kuesioner sebagai sumber data. Populasi adalah seluruh karyawan Perusahaan Jasa Kontruksi Anggota GAPENSI (Gabungan Pelaksana Konstruksi Seluruh Indonesia) Kabupaten Kebumen berjumlah 167 karyawan. Sampel penelitian sebanyak 44 karyawan, menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik sampling yang diberi batasan sebagai penarikan sampel dari populasi sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik pengujian data menggunakan bantuan software komputer berupa SPSS meliputi uji validitas dengan korelasi bivariate antara masing - masing indikator dengan total skor konstruk pada kuesioner dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach dengan syarat minimum koefisien korelasi 0,6. Berdasarkan uji validitas seluruh variabel memiliki p value a 0,05 sehingga dinyatakan valid dan dapat diproses lebih lanjut. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai alpha cronbach’s kebutuhan fisologis 0.842, rasa aman 0.861, Sosial 0.730, penghargaan 0.871 dan aktualisasi diri 0.905. Karena nilai alpha cronbach’s yang didapat masing-masing 0.6. Hal ini membuktikan tiap variabel memiliki reliabilitas yang tinggi atau memiliki konsistensi yang baik sebagai alat ukur. Berkaitan dengan hasil Analisis deskripsi responden menunjukan bahwa motivasi kerja karyawan secara prioritas utama pada semua kategori menunjukan pada kebutuhan sosial sedangkan secara selisih mean nilai tertinggi diperoleh pada kebutuhan penghargaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bti

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis: Teori dan Implikasi (JBTI) merupakan jurnal ilmiah berkala (setahun dua kali). Tujuan utama jurnal ini adalah untuk mendiseminasi artikel ilmiah dalam bidang bisnis, yang memiliki fondasi teori dan implemetatif. Berkaitan dengan hal tersebut, artikel yang dipublikasikan harus ...