ANDHARUPA
Vol 6, No 01 (2020): February 2020

Analisis Efektivitas Pesan Film Animasi 3D Bahaya Rokok terhadap Perokok Aktif Remaja dan Dewasa

Silvia Anggelina (Politeknik Caltex Riau)
Anggy Trisnadoli (Politeknik Caltex Riau)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2020

Abstract

AbstrakKonsumsi rokok adalah penyebab global yang utama dari kematian yang masih dapat dicegah. Upaya pemerintah dalam mengendalikan dampak negatif konsumsi rokok sudah dilakukan dengan Peringatan Kesehatan Bergambar atau Pictorial Health Warning (PHW) pada bungkus rokok yang dipasarkan sejak tahun 2014 namun perlu adanya alternatif lain dalam mendukung kegiatan pemerintah tersebut. Salah satu alternatif yang diangkat pada penelitian ini adalah menyalurkan pesan bahaya merokok lewat sebuah media audio visual yaitu film animasi 3D berjudul Bahaya Rokok. Penelitian ini berfokus pada efektivitas pesan pada film dan efektivitas diukur berdasarkan tingkat pengetahuan akan bahaya merokok, serta tingkat keinginan perokok untuk berhenti merokok setelah menonton film. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dari pengujian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa film animasi 3D berhasil dibuat sebagai alternatif media sosialisasi kesehatan tentang bahaya merokok bagi perokok aktif remaja dan dewasa, serta dapat menyampaikan pesan bahaya merokok secara efektif bagi sebagian besar responden dan dominan lebih berpengaruh kepada perokok aktif remaja. Pesan bahaya merokok dapat disampaikan secara efektif dibuktikan dengan adanya peningkatan pengetahuan dan niat berhenti merokok yang timbul sebesar 30% pada responden penelitian setelah menonton film animasi 3D. Kata Kunci: efektivitas pesan, film animasi 3D, rokok AbstractCigarette consumption is the predominant global cause of death that can still prevent. The government efforts in restraining the negative impact of cigarette consumption have done with Pictorial Health Warning (PHW) On cigarette packaging that marketed since 2014 and yet there should have been an alternative in supporting the government. One of the alternatives that appointed in this research is transmitting a message about the dangers of smoking through audiovisual media, the animated 3D film called Danger of Smoking. This research is focusing on the effectiveness of the film. The effectiveness measured based on the level of knowledge of the danger of smoking, and the intention level of smokers to quit smoking after watching the film. The research used a descriptive quantitative method. The research used a descriptive quantitative method. From the testing that has done, the results showed that the animated 3D film successfully made as an alternative media of health socialization regarding the danger of smoking for teenage and adult active smokers, and can deliver the message of the danger of smoking effectively for the majority of respondents and dominantly more affected for teenage active smokers. The danger of smoking messages can be delivered effectively proven by increasing knowledge and arising of intention to quit smoking by 30% on research respondents after watching the animated 3D film.Keywords: 3D animated film, cigarettes, message’s effectiveness

Copyrights © 2020