Journal of Animation & Games Studies
Vol 6, No 1 (2020): April 2020

Penerapan Prinsip Animasi dalam Penciptaan Animasi 3D “Kepiting”

Latu Arifian Priyono (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Pandan Pareanom Purwacandra (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Samuel Gandang Gunanto (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Kathryn Widhiyanti (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Film animasi 3D “KEPITING” menceritakan tentang persahabatan antara 2 kepiting jantan yang saling berlomba untuk memperebutkan perhatian kepiting betina. Durasi film animasi ini adalah 3 menit 30 detik, dengan gaya animasi yang ekspresif dimana adegan yang ditampilkan menggunakan gestur layaknya gerakan manusia. Pembuatan animasi ini menggunakan teknik animasi 3D dengan menerapkan 5 prinsip animasi, yaitu dengan membuat model 3D dari asset - asset yang akan digunakan untuk kemudian dianimasikan. Squash and stretch, anticipation, Follow-through, secondary action, exaggregation merupakan 5 prinsip animasi yang digunakan dalam penciptaan animasi “Kepiting”.  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jags

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Animation & Games Studies (JAGS) merupakan jurnal interdisipliner mengenai perkembangan riset, rekayasa cipta, studi pustaka maupun kajian di bidang animasi dan game yang termasuk dalam ranah seni terapan media ...