Jurnal Cakrawala Pendas
Vol 6, No 1 (2020): January

ANALISIS GAGASAN KARANGAN MULTIKULTURAL SISWA KELAS 2 SD NEGERI TIMURAN YOGYAKARTA

Biya Ebi Praheto (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)
Dwi Wijayanti (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil analisis gagasan karangan multikultural siswa kelas 2 SD Negeri Timuran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SD Negeri Timuran Yogyakarta. Adapun subjek penelitiannya yaitu siswa kelas dua dan objek penelitiannya yaitu hasil karangan multikultural siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Kemudian, untuk teknik analisis datanya yaitu deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar karangan siswa sudah sesuai dengan tema yaitu multikultural. Sebesar 48% persen karangan siswa secara menyeluruh memuat gagasan multikultural, 30% karangan siswa sedikit atau sebagian memuat gagasan multikultural, dan sisanya 22% tidak memiliki muatan multikultural dalam karangan siswa. Berkaitan dengan analisis judul, sebagian besar judul karangan sudah sesuai dengan tema yaitu multikultural, begitu pula dengan muatan atau gagasan karangan sebagian besar juga sudah sesuai dengan tema multikultural.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CP

Publisher

Subject

Education

Description

urnal Cakrawala Pendas adalah media publikasi civitas akademika dalam bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas merupakan jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil kajian serta penelitian Dosen, mahasiswa, guru, praktisi, dan ilmuwan di bidang pendidikan dasar yang meliputi ...