cover
Contact Name
Dede Salim Nahdi
Contact Email
salimnahdi15@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
cakrawalapendas@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Cakrawala Pendas
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 24427470     EISSN : 25794442     DOI : -
Core Subject : Education,
urnal Cakrawala Pendas adalah media publikasi civitas akademika dalam bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas merupakan jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil kajian serta penelitian Dosen, mahasiswa, guru, praktisi, dan ilmuwan di bidang pendidikan dasar yang meliputi bidang pengajaran dasar di SD, Sains Terapan dan studi analitis di bidang pendidikan dasar. Jurnal ini dapat juga dipakai sebagai media tukar pikiran, informasi dan hasil penelitian ilmiah antar pemerhati masalah pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 190 Documents
METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS Ari Yanto
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 1, No 1 (2015): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v1i1.345

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi oleh tenaga pengajar adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir. Proses pembelajaran di kelas diarahkan kepada kemampuan siswa untuk menghafal informasi, otak siswa dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut memahami informasi yang diingat untuk dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu penting bagi guru untuk mengaplikasikan kegiatan pembelajaran yang menarik di kelas misalnya dengan cara menyapa siswa dengan ramah dan bersemangat, menciptakan suasana rileks, memotivasi siswa, dan menggunakan metode pembelajaran yang variatif.
EFEKTIVITAS MODEL MENULIS KOLABORASI DENGAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KREATIF Krisna Anggraeni
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3, No 2 (2017): July
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v3i2.590

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis kreatif di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan model menulis kolaborasi dengan media Big Book terhadap keterampilan menulis kreatif di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain the nonrandomized control group, pratest–posttest. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model menulis kolaborasi dengan media Big Book, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional yaitu pemberian tugas menulis. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Kalikajar Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 42 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas III A dan III B yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan keterampilan menulis kreatif antara kedua kelas. Pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional cenderung tidak mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan pada pascaperlakuan kelas eksperimen terjadi peningkatan keterampilan menulis kreatif.  Berdasarkan  hasil analisis data pada kelas eksperimen, nilai rata-rata keterampilan menulis kreatif saat prates 65 pascaperlakuan menjadi 92, terjadi peningkatan sebesar 41%. Hasil analisis data tersebut mengindikasikan bahwa model menulis kolaborasi dengan Big Book efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif. Kata kunci    :  model menulis kolaborasi, Big Book, keterampilan menulis kreatif
PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KALIMAT BERHURUF JAWA MENGGUNAKAN PASANGAN DENGAN M0DEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIC SD NEGERI LANDUNGSARI 01 KOTA PEKALONGAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016 yatini yatini
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3, No 2 (2017): July
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v3i2.599

Abstract

Rumusan masalah ini adalah bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran, peningkatan hasil belajar dan perubahan prilaku peserta didik kelas IVC SD Negeri Landungsari 01 pada kompetensi menulis kalimat berhuruf jawa menggunakan pasangan dengan model pembelajaran kooperatif tipe MAM(Make A Match).PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus.Terjadi perubahan  perilaku  ke arah lebih baik  dari  aspek  respon peserta didik  dalam menerima materi, antusias dalam pembentukan kelompok, sikap menghargai teman, keaktifan dalam membantu teman, kemampuan berkominikasi dengan teman, keseriusan mengerjakan kuis dan ketepatan dalam mengerjakan tugas. Rata-rata hasil belajar yang dicapai peserta didik  pada prasiklus sebesar 55,16 dan berada dalam kategori cukup. Pada siklus I, nilai rata-rata peserta didik  mengalami peningkatan sebesar 13,68 atau sebesar 43% menjadi sebesar 68,84 dan berada dalam kategori baik. Pada siklus II, nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan sebesar 9,96 atau sebesar 31% menjadi sebesar 78,80 dan berada dalam kategori baik. Peningkatan nilai rata-rata tersebut membuktikan keberhasilan pembelajaran menulis kalimat berhuruf jawa menggunakan pasangan dengan  model pembelajaran kooperatif tipe MAM (Make A Match) Kata Kunci: kompetensi menulis kalimat berhuruf jawa menggunakan pasangan, model pembelajaran kooperatif tipe MAM (Make A Match)
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN PECAHAN Sri Apiyati
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 1, No 2 (2015): July
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v1i2.327

Abstract

Penulis melaksanakan penilitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa, guru perlu menciptakan formulasi khusus dalam merancang suatu strategi, metode, teknik dan media yang efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Salahsatu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teamachievment division (STAD) dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (PTK) terhadap semua kelas IV SD Kirisik yang berjumlah 20 Siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes formatif yang digunakan untuk memperoleh gambaran langsung mengenai kemampuan komunikasi matematis, tes subsmatif untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, dan angket untuk memperoleh respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Anggapan dasar yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah guru mampu melaksankan pembelajaran kooperatif tipe student team achievmen division (STAD) pada pokok bahasan pecahan, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievmen division (STAD) cocok untuk pokok bahasan pecahan, soal yang digunakan diambil dari bab soal dan sudah di sahkan oleh pembimbing. Dari hasil penelitian tes formatif I, II dan III diketahui kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat dilanjutkan dengan tes subsumatif setelah dilakukan perhitungan diperoleh hasil akhir 7,0 dengan kriteria cukup, sedangkan hasil pengolahan data angket, nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 4,0 yang berkategori positif, jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievmen division (STAD) berpengaruh pada peningkatan kemampuan komunikasi matematis, materi pemecah dapat dipahami dengan baik dan tanggapan siswa terhadap model pembelajarankooperatif tipe student team achievmen division (STAD)menunjukan sikap yang positif. Kata Kunci : Model Kooperatif, Model STAD, dan Komunikasi Matematis.
PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING DAN DIRECT INTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SD Yeni dwi Kurino
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 1, No 1 (2015): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v1i1.340

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar menggunakan contextual teaching and learning lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan Direct , Peningkatan kemampuan pemahaman  matematis antara siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (kelas eksperimen) dan pembelajaran Direct Instruction (kelas konvesional), dan Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar menggunakan  contextual teaching and learning dengan siswa yang belajar menggunakan direct instuction  ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis siswa (tinggi, sedang dan rendah). Penelitian merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dua SD yang terdapat di Kabupaten Majalengka Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel penelitiannya adalah Siswa SD kelas IV.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar menggunakan contextual teaching and learning lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan Direct Instruction , Peningkatan kemampuan pemahaman  matematis antara siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (kelas eksperimen) dan pembelajaran Direct Instruction (kelas konvesional), dan Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar menggunakan  contextual teaching and learning dengan siswa yang belajar menggunakan direct instuction  ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis siswa (tinggi, sedang dan rendah). Kata kunci: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Pembelajaran Direct  Instruction, Kemampuan Pemahaman Matematis
MODEL PROBLEM BASED LEARNING MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR Yuyun Dwi Haryanti; Budi Febriyanto
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3, No 2 (2017): July
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v3i2.596

Abstract

Artikel ini sebagai kajian literature review bertujuan untuk mengetahui pentingnya penerapan model Problem Based Learning dalam membangun kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Kemampuan berpikir kritis tidak terjadi secara alamiah dimiliki siswa namun diperlukan proses pembiasaan melalui kegiatan pembelajaran di kelas. Keterampilan berpikir kritis dibutuhkan bagi siswa dalam kehidupan nyata, namun seringkali terabaikan dalam proses pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis siswa dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning. Model ini memiliki keunggulan dimana siswa akan memiliki pola pikir yang terbuka, reflektif, kritis, dan belajar aktif, serta memfasilitasi keberhasilan memecahkan masalah, komunikasi, kerja kelompok, dan keterampilan  interpersonal dengan lebih baik. Penerapan model Problem Based Learning sebagai model pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif dan juga karakteristik siswa SD. Siswa SD mampu berpikir secara sistematis melalui benda-benda konkret ataupun memecahkan masalah-masalah nyata. Siswa SD memiliki karakteristik senang bermain, senang bergerak, senang berkelompok, dan senang melakukan sesuatu secara langsung. Berdasarkan hal tersebut penerapan model Problem Based Learning sangat cocok digunakan di Sekolah Dasar dalam  membangun kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis inilah yang akan membawa siswa mampu memecahkan permasalahan yang muncul dalam dunia nyata siswa.Kata Kunci:  Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Siswa Sekolah Dasar
PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI MEMBACA DAN MEMBUAT KALIMAT MELALUI MEDIA GAMBAR DUA DIMENSITEMA KEGIATANKU PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI BANJARAN Rohaeti Rohaeti
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3, No 1 (2017): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v3i1.414

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran di kelas 1, untuk mengkaji kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran dan untuk mencari solusi yang tepat dalam mengatasi kendala yang dihadapi guru adalah dalam  Peningkatan Penguasaan Materi Membaca dan Membuat Kalimat Melalui Media Gambar Dua Dimensi Tema Kegiatanku pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Banjaran.  Melalui Media Gambar Dua Dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri Banjaran. Variabel yang menjadi sasaran pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar Kelas 1 SD Negeri Banjaran. Bentuk penelitian ini adalah tindakan kelas dengan model siklus. Tiap siklus terdiri dari  beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan. observasi dan refleksi. Sebagai populasi adalah siswa kelas 1 SD Negeri Banjaran yang berjumlah 25 orangsiswa . Teknik pengumpulan data variable pengumpulan data variabel peningkatan hasil belajar adalah observasi, pencatatan arsip dan dokumen, dan tes perekaman . Teknik melalui data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan dibanding sebelum tindakan sebelumnya.                Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran membaca dan membuat kalimat melalui media gambar dua dimensi pada siswa kelas 1 SD Negeri Banjaran tahun ajaran 2015/2016 bisa meningkatkan prestasi belajar.
EFEKTIVITAS METODE STEINBERG DENGAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA NYARING Krisna Anggraeni; Budi Febriyanto
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 2, No 1 (2016): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v2i1.322

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca nyaring di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan metode Steinberg dengan media Big Book terhadap keterampilan membaca nyaring di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain the nonrandomized control group, pratest–posttest. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan metode Steinberg dengan media Big Book, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Kalikajar Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 42 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas III A dan III B yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan keterampilan membaca nyaring antara kedua kelas. Pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional cenderung tidak mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan pada pascaperlakuan kelas eksperimen terjadi peningkatan keterampilan membaca nyaring.  Berdasarkan  hasil analisis data pada kelas eksperimen, nilai rata-rata keterampilan membaca nyaring saat prates 65 pascaperlakuan menjadi 92, terjadi peningkatan 27 (41,54%). Hasil analisis data tersebut mengindikasikan bahwa metode Steinberg dengan Big Book efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring. Kata kunci  : metode Steinberg, Big Book, keterampilan membaca nyaring
IMPLEMENTASI METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Wina Dwi Puspitasari
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 4, No 1 (2018): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v4i1.715

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa kelas V SDN Tarikolot I khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 52,96 yang berati kurang dari KKM yaitu 73. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tindakan  penelitian  dilaksanakan  dalam  tiga  siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tarikolot I sebanyak 32 orang siswa yaitu terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik yang digunkan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi serta diperkuat dengan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes sebagai data primer dan hasil observasi dan dokumentasi sebagai data pendukung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah butir soal untuk tes evaluasi setiap siklus, lembar observasi baik guru maupun siswa untuk mengetahui perkembangan guru maupun siswa, dan foto untuk mendokumentasikan kegiatan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tarikolot I. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus III. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebelum pemberian tindakan adalah 52,96 dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 21,87%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 55,5 dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 28,12%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 69,06 dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 59,37%, Sedangkan pada siklus III nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 76,31 dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 81,25%. Kesimpulan, penerapan metode hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Tarikolot I. Kata Kunci : Metode Hypnoteaching, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPS.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR erik santoso
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3, No 1 (2017): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v3i1.407

Abstract

Ketidakberhasilan peserta didik untuk memecahkan persoalan dalam pembelajaran dimungkinkan sebagai akibat pembelajaran yang dilaksanakan selama ini menggunakan strategi belajar mengajar dengan cara klasikal  yaitu aktivitas di kelas di domonasi oleh guru, maka dari itu, guru harus pandai memilih metode, pendekatan, model pembelajaran dan teknik mengajar yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Oleh karena itu, peneliti memilih pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah terdapat  perbedaan kemampuan pemahaman matematik sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran kontekstual? Hipotesis dalam penelitian ini adalah : “terdapat  perbedaan kemampuan pemahaman matematik sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran kontekstual “. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest- Posttest Design.  Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah peserta didik 34 orang Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pemahaman matematik. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data dan analisis data yang dibantu dengan SPSS 16 nilai signifikansi 0.000 kurang dari alpha yang ditentukan yaitu 0,05 dengan demikian Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematik siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kontekstual. Kata kunci: Pemahaman Matematik, Model Pembelajaran Kontekstual, Materi Volume Kubus dan Balok

Page 1 of 19 | Total Record : 190