cover
Contact Name
Dede Salim Nahdi
Contact Email
salimnahdi15@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
cakrawalapendas@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Cakrawala Pendas
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 24427470     EISSN : 25794442     DOI : -
Core Subject : Education,
urnal Cakrawala Pendas adalah media publikasi civitas akademika dalam bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas merupakan jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil kajian serta penelitian Dosen, mahasiswa, guru, praktisi, dan ilmuwan di bidang pendidikan dasar yang meliputi bidang pengajaran dasar di SD, Sains Terapan dan studi analitis di bidang pendidikan dasar. Jurnal ini dapat juga dipakai sebagai media tukar pikiran, informasi dan hasil penelitian ilmiah antar pemerhati masalah pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 190 Documents
PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BELAJAR BERSAMA DODO DAN TEMAN-TEMAN UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR Arina Restian; Suhesti Maslikah
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 5, No 2 (2019): July
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v5i2.1384

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media Big Bookbelajar bersama Dodo dan teman-teman untuk pembelajaran tematik kelas IV di Sekolah Dasar yang memiliki tingkat kelayakan sebagai kriteria media untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran tematik dikelas. Peneliti menggunakan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pnggunaan media dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran tematik dikelas. Peneliti melakukan validasi media Big Bookmelalui validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan ahli pembelajaran hasilnya yaitu media dapat diuji coba sesuai saran dan komentar dari para ahli. Hal ini dibuktikan oleh hasil validasi beberapa ahli antara lain perolehan presentase validasi ahli media sebesar 96,6%, perolehan presentase dari ahli materi sebesar 91,6%, perolehan presentase dari ahli bahasa adalah 81,25%, perolehan presentase dari ahli pembelajaran sebesar 93,3%. Penggunaan media Big Book  mendapatkan respon yang sangat baik terhadap pengguna yaitu dengan hasil angket respon siswa dengan presentase sebesar 96% untuk uji coba kelompok kecil dan 96,25 untuk uji coba kelompok besar di SD Muhammadiyah 05 Batu. Hasil penelitian ini, media Big Book pembelajaran tematik disarankan dipergunakan untuk pembelajaran tematik kelas IV di Sekolah Dasar guna membantu siswa dan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan menciptakan pembelajaran tematik yang menarik.
PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS FLORES Anselmus Mema; Aurelius Fredimento
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 6, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v6i1.1704

Abstract

This study aims to improve the teaching skills of PGSD Uniflor students through role playing methods. This type of research is classroom action research. The research subjects were 5th semester students of PGSD University of Flores who took part in the social science learning design lectures in elementary school. Research subjects numbered 62 students. The main data taken by observation techniques then determined the percentage and compared the criteria for each cycle based on the guideline of the assessment. While supporting data is taken with documentation techniques and field notes. The procedure of the research is through the stages of planning, stages of action, stages of observation and stages of reflection. The results showed an increase in the teaching skills of PGSD students after applying the role playing method from cycle I to cycle II. The improvement of teaching skills includes five indicators, namely strengthening skills, asking questions, using variations, explaining, opening and closing learning. Thus it can be concluded that the role playing method can improve the teaching skills of PGSD University of Flores students
PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK SEKOLAH DASAR Mubiar Agustin; Ryan Dwi Puspita
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 6, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v6i1.1671

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. khususnya di pedesaan sering diselenggarakan  di dalam kelas dan kurang bervariasi. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan metode karyawisata mempunyai pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen kuasi dengan desain Nonequivalent Groups Pretest-Postest. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Cibubuan 1 dengan subjek penelitian 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji beda rata-rata terhadap post test   keterampilan berbicara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh p (sig.(2-tailed)=0,000. Hal ini menunjukkan bahwa  terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor post test kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam keterampilan berbicara anak pada taraf kepercayaan 95 %. Terdapat perbedaan keterampilan berbicara anak sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran melalui metode karyawisata. Pada umumnya anak menjadi mahir menirukan bunyi atau kata-kata, mengungkapkan ide, pikirannya dan perasaannya terkait dengan tema.  Karena pembelajaran melalui metode karyawisata dilaksanakan di luar kelas maka harus didukung oleh kemampuan guru yang baik dan keadaan psikis anak yang baik. Dalam pembelajaran ini diperlukan guru yang aktif, menguasai tema dan mampu mengendalikan anak. Penyelenggaraan pembelajaran selama ini sering di dalam kelas maka diperlukan kreativitas guru untuk mengemas pembelajaran yang variatif agar terbangun motivasi anak untuk belajar, sehingga pembelajaran dapat bermakna bagi anak, khususnya unuk meningkatkan keterampilan berbicara.
HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Yayan Alpian; Ranti Mulyani
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 6, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v6i1.1832

Abstract

Problems that occur in the scope of basic education include many students who cannot understand each other's opinions, lack understanding of the needs of peers, teachers, and people around them, children have low social skills and attitudes, lack trust in caring towards other people, interactions that are less pleasant, less confident, rarely communicate with others, and cause discomfort during the learning process because there is no external motivation that supports and has an impact on learning motivation that is less than the maximum. This research is motivated by the low motivation of students in learning, the relationship of interaction with the environment is not good, not optimal use of learning methods. the purpose of this study was to determine the relationship between social skills and learning motivation of fifth-grade students at Nagasari Elementary School in West Karawang District. This research is a type of quantitative correlation research. Data analysis technique to test the hypothesis is done by calculating the product-moment correlation statistics. The results of hypothesis testing, there is a relationship between social skills and student motivation. This was obtained tcount 6.933> ttable 1.989 and rxy 0.606 with a significance of 0.05 and n = 85 indicating that the hypothesis was accepted. From the results of this study, it can be concluded that social skills and student motivation have a strong relationship.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS SAINTIFIK (IBS) Devi Afriyuni Yonanda; Yuyun Dwi Haryanti; Dede Salim Nahdi
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 5, No 1 (2019): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v5i1.1219

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa terhadap materi ajar, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV SDN tonjong I Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka melalui model pembelajaran inquiry berbasis saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti bekerjasama dengan guru kelas IV SDN SDN tonjong I sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN tonjong I, sebanyak 26 siswa terdiri dari 14 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, wawancara, observasi, dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Inquiry Berbasis Saintifik dalam pembelajaran tema selalu berhemat energi dapat meningkatkan kemmpuan berpikir kritis siswa kelas IV IV SDN tonjong I. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus II. Persentase siswa yang tuntas adalah 33%. Pada siklus meningkat menjadi dengan persentase 47,55%. Selanjutnya pada siklus II, meningkat dengan persentase 88,7%. Kesimpulan, penerapan Inquiry Berbasis Saintifik dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN tonjong I. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Inquiry Berbasis Saintifik Kampus, Siswa Sekolah Dasar.
PENGEMBANGAN MODEL MULTIPLE INTELLIGENCES BASED LEARNING UNTUK PENGUATAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI Dian Ikawati Rahayuningtyas; Devy Riri Yuliyani
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 6, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v6i1.1698

Abstract

The school literacy movement is a program of character building which is expected to be able to implement literary school ecosystems and to strengthen character education. One learning model that can be used as a reinforcement of  school literacy movement is the Multiple Intelligences Based Learning Model. This model can give students freedom to be creative and utilize their multiple intelligences to develop their literacy skills. These multiple intelligences are the basis for developing multiple intelligences based learning models in strengthening the school literacy movement. This research was aimed to (1) describe the needs of a multiple intelligence-based learning model development in strengthening higher grade elementary school literation movement, (2) develop a multiple intelligence-based learning model in strengthening higher grade elementary school literation movement, (3) examine the effectiveness of a multiple intelligence-based learning model application in strengthening  higher grade elementary school literation movement. This was a Research and Development (R&D) study developed by Borg and Gall and simplified by Sukmadinata. Data gathering technique was conducted using an expert validation for product validation and a test for field experiment, while data analysis technique was conducted using a descriptive quantitative  statistics technique by using an SPSS 17. The validator assessment results towards a multiple intelligence-based learning model in strengthening higher grade elementary school literation movement  obtained 79.29% percentage  that was in valid criteria. Research result of effectiveness test showed that 95% of students had been completed in school literation movement strengthening activity. The research results conducted could be concluded that a multiple intelligence-based learning model was effective to use in strengthening higher grade elementary school literation movement strengthening.
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN ALAT PERAGA “DULOK KUMISAN” DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK Rina Kurnia; Yeti Nurhayati
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 6, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v6i1.1687

Abstract

Salah satu kompetensi dasar  yang harus dikuasai oleh peserta didik sekolah dasar kelas V yaitu pemahaman matematis pada pokok bahasan volume kubus dan balok. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, sebagian besar peserta didik kelas V SDN Margahayu 08 Tahun Ajaran 2018-2019 menunjukkan pemahaman matematis yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga “Dulok Kumisan” dalam meningkatkan pemahaman matematis. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan rancangan penelitian nonequivalen control group design. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Pengujian hipotesis pertama menggunakan uji beda rata-rata (data berasal dari distribusi normal dan homogen) sedangkan hipotesis kedua diuji dengan Mann Whitney U Test karena normalitas tidak terpenuhi tetapi berasal dari varians yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas eksperimen yang menerapkan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga “Dulok Kumisan” lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dan terdapat perbedaan peningkatan pemahaman matematis peserta didik kelas V SDN Margahayu 08 pada pokok bahasan volume kubus dan balok setelah diterapkan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga “Dulok Kumisan”. Dengan demikian strategi pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga “Dulok Kumisan” dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman matematis.
HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SDN ENDE 5 KABUPATEN ENDE Maria Finsensia Ansel
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 6, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v6i1.1859

Abstract

Learning independence is very important for every student to have.Students who have the independence of learning will show readiness to take part in learning in class, doing assignments both at home and at school, having completeness of learning, being explorative, being able to make decisions, confident and creative.Learning independence is related to learning outcomes.This study aims to determine the relationship between achievement motivation and learning independence of SDN Ende 5 students. The population in this study were Ende 5 SDN students who collected 150 people while the sample was grade 4 and 5 students who succeeded in 50 people. Data collection through a psychological scale that is the scale of achievement motivation and learning independence scale. The results showed that there was a relationship or correlation of 0.334 with a significance value of 0.00 (p <0.05). The correlation coefficient shows that there is a significant relationship between achievement motivation and learning independence of students, which means that the higher the achievement motivation, the higher the learning independence. Vice versa, the lower the achievement motivation, the lower the learning independence. The conclusion is that there is a significant relationship between achievement motivation and students' learning independence in Ende 5 Elementary School.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Ujiati Cahyaningsih
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 5, No 1 (2019): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v5i1.1226

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada kelas V SDN Sukarajakulon I mata pelajaran matematika, dari pembelajaran yang hanya menggunakan model konvensional dan hanya mencapai nilai rata-rata 67,75 dengan presentase ketuntasan 42,5%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas V SDN Sukarajakulon I melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Dalam penelitian ini, peneliti bekerjasama dengan guru kelas V SDN Sukarajakulon I sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sukarajakulon I, sebanyak 40 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh berupa hasil tes sebagai data primer dan hasil observasi serta wawancara sebagai data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif untuk menganalisis hasil tes akhir pada setiap siklus dan analisis data kualitatif untuk hasil observasi setiap siklus. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebelum tindakan adalah 67,75 dengan presentase ketuntasan 42,5% atau 17 siswa yang tuntas, sedangkan presentase ketuntasan siswa pada siklus I adalah 70% atau 28 siswa yang tuntas, dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 70,375, dan pada siklus II nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 97,375 sedangkan presentase siswa yang memperoleh nilai mencapai ketuntasan belajar adalah 95% atau 38 siswa yang tuntas. Kesimpulan, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi kesebangunan dan simetri di kelas V SDN Sukarajakulon I Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI  (Team Assisted Individualization).
IMPLEMENTASI STRATEGI 5R UNTUK MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN ABAD 21 MAHASISWA PGSD Nur Asyiah; Sati Sati
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 6, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v6i1.1741

Abstract

Abad 21 berkaitan erat dengan teknologi digital, sehingga mahasiswa yang banyak tergantungan dengan internet atau yahoo dan google untuk  menyelesaikan  setiap permasalahan dalam pembelajaran, bahkan tidak menganalisis sumber yang dilihat dan ditemukan tugas yang sama dengan makalah yang ada di internet. Padahal keterampilan tersebut sangat penting dimiliki oleh siswa di era digital saat ini. Sehingga perlu peran dosen dalam mengoptimalkan keterampilan mahasiswa di abad 21. Dalam penelitian ini mencoba menerapkan strategi 5R, yang sesuai dengan karakteristik dengan pembelajar di abad 21. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat efektifitas penggunaan strategi 5R (Research-based method, Relevance, Rational, Relaxed, and Rapport), terhadap keterampilan mahasiswa di abad 21.  Hal ini dilihat dari keterampilan creativity, Critical Thinking, Communication, Colaboration. Desain penelitian yang digunakan yaitu control grouph post test only design. Penilitian ini dilakukan di semester v prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon pada matakuliah inovasi pendidikan. untuk melihat efektifitas penggunaan strategi 5R (Research-based method, Relevance, Rational, Relaxed, and Rapport)  ini, dianalisis menggunakan uji homogenitas dan uji t. Di kelas kontrol  memperoleh mean sebesar 3,60 dan kelas eksperimen 3,86, hal ini menunjukan terdapat perbedaan nilai rata-rata keduanya. Hasil uji-t nilai pembelajaran inovasi pendidikan menggunakan strategi 5R adalah sebesar 0,032 pada keterampilan abad 21, karenakan kurang dari 0,05 maka penggunaan strategi 5R ini dianggap berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan abad 21.

Page 1 of 19 | Total Record : 190