Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2020): Februari 2020

Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning di Kelas VII SMP

Masitah Masitah (Universitas Syiah Kuala)
Suhartati Suhartati (Universitas Syiah Kuala)
Cut Khairunnisak (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2020

Abstract

Salah satu indikator berpikir tingkat tinggi adalah berpikir kritis. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, diperlukan rancangan pembelajaran yang bisa melatih kemampuan tersebut. Salah satunya yaitu menerapkan model  problem based learning (PBL). Tujuan riset ini yaitu mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model Problem Based Learning di kelas VII SMP. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Mixed Method dengan jenis explanatory sequential design. Pemilihan subjek dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VII-A sebagai subjek tes kemampuan berpikir kritis. Subjek wawancara dipilih secara purposive yaitu beberapa siswa dengan kemampuan berpikir kritis pada kategori sangat kritis, kritis, cukup kritis, kurang kritis dan tidak kritis. Instrumen penelitian adalah soal tes berbentuk uraian yang penyelesaiannya mengandung indikator berpikir kritis dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 0% subjek memiliki kemampuan berpikir matematis yang sangat kritis, 33% subjek memiliki kemampuan berpikir yang kritis, 43% subjek berada di kategori berpikir cukup kritis, 24% subjek berada di kategori berpikir yang kurang kritis dan 0% subjek berada di kategori berpikir tidak kritis. Perlu adanya pertimbangan menerapkan PBL untuk membiasakan siswa memecahkan masalah sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.Kata Kunci:         Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Problem Based Learning, Aktivitas Belajar.

Copyrights © 2020