Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2020): Februari 2020

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA Negeri 1 Sinabang

Tiara Tiara (Universitas Syiah Kuala)
Johan Yunus (Universitas Syiah Kuala)
Yuhasriati Yuhasriati (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2020

Abstract

Hasil survei PISA membuktikan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa di Indonesia berada di bawah nilai standar. Pentingnya siswa memiliki kemampuan ini agar tercapainya tujuan pembelajaran matematika dengan maksimal. Sehingga diperlukan suatu alternatif untuk mengembangkan kemampuan ini di sekolah. Satu di antaranya adalah dengan menerapkan model cooperative learning tipe jigsaw. Tujuan penelitian adalah untuk melihat kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pengaplikasian model cooperative learning tipe jigsaw di SMA Negeri 1 Sinabang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain true experimental dengan jenis post-test only control design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Sinabang, sedangkan sampelnya adalah kelas XII MIA 1 sebagai experimental class dan kelas XII MIA 3 sebagai control class. Pengumpulan data melalui soal uraian yang didistribusikan pada pertemuan terakhir setelah pembelajaran. Data penelitian diuji dengan uji-t pihak kanan. Hasilnya yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pengaplikasian model cooperative learning tipe jigsaw lebih baik dari siswa melalui pengaplikasian model direct instruction di SMA Negeri 1 Sinabang. Kata Kunci:     Kemampuan komunikasi matematis, Cooperative learning tipe jigsaw, Statistika.

Copyrights © 2020