Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia
Vol 3, No 3 (2018): Juni

PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH

. Maulidar (Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah)
. Zulfadli (Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah)
. Rusman (Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2018

Abstract

AbstrakTelah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Metode Mind Mapping pada MateriElektrolit Dan Nonelektrolit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 8 Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Banda Aceh dengan menggunakan metode mind mapping. Pendekatan  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  pendekatan  kualitatif  dan  j enis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan pada  penelitian ini berupa tes kognitif, penilaian  mind  mapping,  observasi  aktivitas dan respon siswa. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-MIPA 4 sebanyak 32 orang siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian  yang  telah  dilakukan  diperoleh  bahwa  terjadi  peningkatan  aktivitas  dan  hasil belajar siswa kelas X-MIPA 4 SMA Negeri 8 Banda Aceh tahun ajaran 2017-2018. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa yaitu dari 78,1% meningkat  menjadi  87,5%,  sedangkan  aktivitas  siswa  dengan  penerapan  metode  mind mapping juga mengalami peningkatan persentase yaitu pada pertemuan I sebesar 75% dan pertemuan II sebesar 87,5%, sedangkan tanggapan siswa terhadap metode  mind mapping menunjukkan respon positif yaitu sebesar 70,77%. Kata kunci : mind mapping, hasil belajar, elektrolit dan nonelektrolit. 

Copyrights © 2018