cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia
ISSN : 26216132     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 98 Documents
Pengembangan E-Module Kimia SMA Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Zulvianda, Haris; Hanum, Latifah; Nazar, Muhamad
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.867 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Pengembangan E-Module Kimia SMA Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit” (Uji coba di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar). Penelitian ini Bertujuan (1) Mengembangkan dan membuat e-module kimia SMA pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang layak diterapkan di sekolah, (2) Mengetahui kelayakan e-module hasil pengembangan yang telah dikembangkan berdasarkan aspek materi dan aspek media, (3) Mengetahui bagaiamana tingkat penilaian e-module hasil pengembangan berdasarkan hasil uji coba terbatas. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan media (Research and Development). Objek penelitian adalah E-Module pembelajaran, subjek penelitian adalah guru bidang Studi kimia sebanyak 2 orang dan 10 orang siswa dari SMA Negeri 1 Perukan Bada Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket. Berdasarkan hasil angket diperoleh hampir semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap pengembangan E-Module Kimia SMA Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit dengan alasan yang beragam seperti lebih mudah dipahami daripada membaca buku, menarik dan tidak membosankan, penyampaian bahasanya jelas dan tidak berbelit-belit, contoh-contoh yang ditampilkan dalam E-Module berhubungan langsung di dalam kehidupan sehari-hari. Semua Guru memberikan tanggapan positif  terhadap kebenaran isi materi yang sudah sesuai dengan SK dan KD. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-Module Kimia SMA Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit layak digunakan oleh guru pada proses belajar mengajar dan menarik bagi siswa untuk mempelajari materi tersebut.
Pengembangan Media Cerpen dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Zat Aditif pada Makanan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Rukoh. Ria, Astina; Rusman, .; Nazar, Muhammad
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.867 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Cerpen dalamPembelajaran Kimia pada Materi Zat Aditif pada Makanan untuk MeningkatkanHasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Rukoh”. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui perbedaan ketuntasan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dankelas kontrol, aktivitas, dan tanggapan siswa terhadap pengembangan media cerpenkimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatankualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 sebagai kelaseksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan limatahap yaitu: (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan(5) Evaluasi. Data penelitian diperoleh melalui soal pilihan ganda untuk melihat hasilbelajar, lembar aktivitas digunakan untuk mengukur tingkat keaktifan siswa danangket disebarkan kepada siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap mediapembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penilaian kelayakanmedia cerpen secara keseluruhan diperoleh sebesar 89% yang tergolong dalamkategori sangat layak. Hasil penerapan media cerpen dalam pembelajaran diperolehskor aktivitas siswa dan penguasan pengetahuan siswa, masing-masing secaraberurutan adalah 90% dan 79%, sedangkan penguasaan pengetahuan kelas kontrolpersentase sebesar  62%. Tanggapan positif siswa sebesar 90% dan persentasetanggapan negatif sebesar 27%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media cerpenkimia pada materi zat aditif pada makanan dapat meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar siswa.Kata kunci :  Cerpen, zat aditif, hasil belajar
Pengembangan Handout Berbasis Kontekstual pada Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi untuk SMA/MA Kelas XI IPA Salfrika, Trio; Adlim, .; Hanum, Latifah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.867 KB)

Abstract

ABSTRAKTelah dilakukan penelitian dengan judul Pengembangan Handout Berbasis Kontekstual pada Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi untuk SMA/MA Kelas XI IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar handout berbasis kontekstual pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi serta menguji tingkat validitas, aktivitas siswa dan kelayakan dari bahan ajar yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE (analyze, design, development, implentation, evaluation). Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket validasi bahan ajar, angket observasi dan angket uji kelayakan. Persentase kelayakan bahan ajar yang diperoleh dari angket validasi sebesar 76,66% (layak). Aktivitas siswa saat uji coba penerapan bahan ajar yaitu 88,75% (sangat baik). Persentase rata-rata yang diperoleh dari angket respon siswa adalah sebesar 86,15% dengan kriteria sangat layak. Angket respon guru kimia kelas XI IPA terhadap bahan ajar yaitu 94,67% (sangat layak). Hal ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar handout berbasis kontekstual pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi yang dikembangkan bersifat berdaya guna efektif di sekolah uji coba. Kata Kunci: handout, kontekstual, laju raksi 
Hubungan antara Hasil Uji Kognitif Try Out Ujian Nasional (UN) dengan Hasil Ujian Nasional (UN) Mata Pelajaran Kimia SMA Kota Banda Aceh Tahun Ajaran 2014/2015 Yulia Elfiza; . Rusman; M Nasir
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 1, No 3 (2016): Juli 2016
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.893 KB)

Abstract

Abstrak. Kata kunci : Try Out, Ujian Nasional (UN), Kognitif, Kimia.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan antara hasil uji kognitif try out dengan Ujian Nasional mata pelajaran kimia siswa kelas XII SMAN Kota Banda Aceh tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SMAN Kota Banda Aceh. Sampelpenelitiandiambil secara acak berdasarkan tingkatan klasifikasi sekolah yang berjumlah 100 siswa dari 5SMAN di Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Data penelitianberupa hasil try out dan UN SMAN Kota Banda Aceh tahun ajaran 2014/2015. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji regresi linier. Hasil analisis terhadapdata try out dan UN, kedua berdistribusi normal dan linear. Koefisien korelasi menggunakan korelasi Product Moment antara hasil try out dan UN siswaSMAN se Kota Banda Aceh tahun ajaran 2014/2015 diperoleh sebesar 0,36. Hal inidiperolehrxylebih besar dari pada rtabelpada taraf signifikan 5% maupun 1%. Nilai rxy sebesar 0,36 pada n=100 dengan taraf signifikan 5% dan 1% secaraberurutanmasing-masingsebesar 0,1946 dan 0,2545. Hal iniberarti Ha terima dan Hoditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara hasil uji kognitif try out dengan Ujian Nasional mata pelajaran kimia siswa kelas XII SMAN Kota Banda Aceh tahun ajaran 2014/2015.
Penerapan Pembelajaran Blended Learning Pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Rizqa Afdhila; Muhammad Nazar; Latifah Hanum
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 2, No 3 (2017): Juli 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.87 KB)

Abstract

AbstrakTelah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Pembelajaran Blended Learning Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri I Unggul Darul Imarah”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketuntasan belajar, aktivitas dan tanggapan peserta didik serta guru terhadap penerapan pembelajaran blended learning pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan di SMA Negeri I Unggul Darul Imarah dengan subjek penelitian peserta didik XI IPA 2 yang berjumlah 21 orang, terdiri dari 13 perempuan dan 8 laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil evaluasi akhir,  lembar observasi aktivitas, dan angket tanggapan peserta didik serta guru. Berdasarkan analisis data diperoleh persentase rata-rata aktivitas belajar peserta didik pertemuan I, II, dan III masing-masing sebesar 71,48%, 82,24%, dan 93,75. Persentase ketuntasan belajar diperoleh sebesar 80,95% dengan kategori sangat baik. Guru dan peserta didik memberikan tanggapan positif terhadap penerapan pembelajaran blended learning dengan persentase masing-masing yaitu 89,58% dan 83,31%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik telah tuntas secara klasikall dengan kategori sangat baik. Aktivitas juga meningkat selama penerapan pembelajaran blended learning, serta guru dan peserta didik memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran blended learning. Untuk peneliti lain yang akan melaksanakan pembelajaran blended learning diharapkan dapat menyusun jadwal lebih rinci untuk kegiatan di course e-learning. Kata kunci : Blended learning, ketuntasan belajar, larutan penyangga, e-learning AbstractThe research had been conducted entitled "Application of Blended Learning on Surface Buffing Material in SMA Negeri I Unggul Darul Imarah". The aim of this study is to describe learning completeness, activities and responses of students and teachers to the application of blended learning on buffer material. This research was conducted four times meeting in SMA Negeri I Unggul Darul Imarah, the subject of this research is 21 students of class XI IPA 2  consisting of 13 female and 8 male students.  This is descriptive research with qualitative approach. The Research data obtained from the final evaluation, activity observation sheet, and questionnaire responses of students and teachers. Based on the data analysis, the percentage of students learning activity’s average of the meetings I, II, and III was 71.48%, 82.24% and 93.75, respectively. Percentage of learning completeness was obtained by 80.95% with very good category. Teachers and students responded positively to the application of blended learning with percentage of 89.58% and 83.31%. Based on the result of the research, it can be concluded that the students' learning completeness has been completed classicallly with very good category. Activities also increase during the application of blended learning, as well as teachers and students also give a positive response to blended learning. For other researchers who will conduct research in blended learning is expected to arrange a more detailed schedule for activities in the e-learning course. Keyword: Blended learning, learning completeness, buffer solution, e-learning 
Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Buletin pada Materi Koloid di Kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh Mardia Julianda; . Rusman; . Habibati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 2, No 1 (2017): Program Studi Pendidikan Kimia
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.686 KB)

Abstract

AbstrakTelah dilakukan penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Buletin pada Materi Koloid di Kelas XI SMA Negeri Banda Aceh” yang bertujuan untuk menghasilkan media buletin materi koloid serta menguji tingkat validitas dan kelayakan dari media yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and devolment (RD) yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket validasi media dan angket uji kelayakan media dari guru. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media dan lembar uji kelayakan media. Persentase rata-rata lembar angket validasi yang diperoleh yaitu sebesar 87,46% (sangat layak). Persentase nilai kelayakan media dari guru kimia SMA Negeri 12 Banda Aceh yaitu sebesar 86,90% (sangat baik). Media buletin materi koloid yang dihasilkan memiliki kategori kevalidan sangat layak dan kelayakan media sangat baik. Kata kunci:  Buletin, research and development (RD), koloid. ABSTRACTThe study entitled "Development of Learning Media Bulletin on Colloidal Materials in Class XI SMA Negeri Banda Aceh" has been conducted. The aim of study is to produce a media bulletin colloidal material and to test the validity and feasibility of the resulting media. This type of research is research and development (R D), which used to produce a specific product and test the effectiveness of the product. The approach used is a qualitative approach with descriptive research. Data collection techniques derived from the questionnaire validation of media and media due persistence questionnaire from teachers. The instruments used were sheets and sheets of media validation feasibility test media. The average percentage of validation questionnaire sheet obtained in the amount of 87.46% (very decent). The percentage value of media feasibility chemistry teacher SMA 12 Banda Aceh in the amount of 86.90% (excellent). Media bulletin colloidal material produced has a very decent categories validity and feasibility of the media very well. Abstract Keywords: Bulletin, research and development (RD), colloid.
Uji Daya Serap Serbuk Gergaji Kayu Damar Laut (Shorea sp) Terhadap Logam Pb(II) . aristia; . zulfadli; Ibnu Khaldun
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 1, No 4 (2016): Oktober 2016
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.941 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji daya serap serbuk gergaji kayu damar laut terhadap logam Pb(II). Limbah kayu damar laut (shorea sp) diperoleh dari panglung kayu di Lamgugob, Banda Aceh. Beberapa studi adsorpsi yang dilakukan untuk melihat daya serap adsorpsi serbuk gergaji kayu diantaranya pengaruh pH, pengaruh waktu kontak, pengaruh massa adsorben, pengaruh kecepatan pengadukan, pengaruh konsentrasi awal ion dan pengaruh aktivasi adsorben. Konsentrasi penyerapan ion logam Pb(II) diukur menggunakan AAS. Analisis data yang diperoleh dilakukan dengan menggunakan model isoterm Langmuir dan Freundlich. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa serbuk gergaji kayu damar laut (shorea sp) yang lolos ayakan 150 mesh dapat mengadsorpsi ion logam Pb(II) pada pH 4, waktu pengadukan 40 menit, massa adsorben 0,5 gram, kecepatan pengadukan 125 rpm, konsentrasi awal ion logam 300 ppm dan penggunaan adsorben yang teraktivasi oleh basa. Perhitungan menggunakan model isoterm Langmuir dan Freundlich diperoleh kapasitas adsorpsi berturut-turut yaitu 45,45 mg/g dan 1,2473 mg/g. Kata kunci : Serbuk gergaji, damar laut, ion logam Pb(II), adsorpsi, isoterm Langmuir dan Freundlich, AAS. AbstractThe purpose of research is to examine the absorption of wood’s sawdust of marine resin (Shorea sp) to the lead(II) metal. Wood’s sawdust of marine resin is taken from residue of furniture which is making in wood’s panglong around Lamgugob, Banda Aceh. The adsorption is experimented by varying pH, contact time, mass of absorbent, speed of stirring, and initial concentration of lead(II) ion and the influence of activated absorbent.  The initial concentration of ion is analyzed by using AAS. The research indicated that wood’s sawdust of marine resinwith the size of 150 mesh can adsorb the lead(II) ion at pH of 4, contact time of 40 minutes, 0,5 grams of sawdust, and speed of stirring of 125 rpm, initial concentration of metal ion is 300 ppm and using of adsorbent which have been activated by base. Then, measuring by using model of Langmuir’s isotherm and Freundlich’s isotherm was obtained the capacities of adsorption are 45,45 mg/g and 1,2473 mg/g. Keywords : Sawdust, marine resin, metal ions Pb(II), adsorption, Langmuir and Freundlich isotherm, AAS.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Konsep Mol Kelas X SMA Negeri 8 Banda Aceh Tahun Ajaran 2015/2016 Syahrul Hamdi; M. Hasan; . Erlidawati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 1, No 4 (2016): Oktober 2016
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.548 KB)

Abstract

AbstrakTelah dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Konsep Mol Kelas X SMA Negeri 8 Banda Aceh Tahun Ajaran 2015/2016”, tujuan penelitian ini untuk menentukan hasil belajar, aktivitas belajar dan tanggapan peserta didik kelas X IPA 2 SMA Negeri 8 Banda Aceh setelah mempelajari materi konsep mol dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui soal pilihan ganda dan lembar penilaian sikap untuk mengukur hasil belajar peserta didik, lembar aktivitas untuk mengukur keaktifan peserta didik, dan angket untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik setelah penerapan model TAI adalah sebesar 91,7, persentase keaktifan peserta didik sebesar 93,2 dengan kategori sangat baik dan peserta didik memberi tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran TAI dengan persentase tanggapan positif sebesar 83,8. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAI dapat diterapkan pada pembelajaran materi konsep mol dengan hasil belajar tuntas secara klasikal, aktivitas peserta didik berada pada kategori sangat baik dan mendapatkan tanggapan positif dari peserta didik dengan kategori baik. Kata Kunci: Teams
PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI BIOPLASTIK DARI KITOSAN, PATI TALAS (Colocasia esculenta) DAN MINYAK JARAK Fajri, Gunawan; Hasan, M.; zulfadli, .
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 2, No 3 (2017): Juli 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.002 KB)

Abstract

ABSTRAKPengembangan bioplastik merupakan salah satu solusi alternatif untuk mengatasi permasaalahan sampah. Bioplastik merupakan plastik yang diproduksi dari  bahan-bahan yang dapat diperbaharui seperti pati talas dan kitosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komposisi pati talas, kitosan dengan minyak jarak sebagai bahan pemlastis terhadap uji kuat tarik, ketahanan bioplastik dalam pelarut dan kemampuan degradasi bioplastik. Pembuatan bioplastik dilakukan dengan cara blending pati talas dan kitosan pada berbagai komposisi dengan minyak jarak sebanyak 15% dari total campuran pati talas dan kitosan. Karakterisasi bioplastik dilakukan dengan uji ketahanan bioplastik dalam pelarut, uji kuat tarik dan uji biodegradasi plastik dengan menggunakan bakteri Psedomonas aeroginosa. Hasil analisis ketahanan bioplastik dalam pelarut air, etanol dan HCl (pH=5) dari yang paling tinggi ke yang paling rendah adalah komposisi pati talas/kitosan (50/50), pati talas/kitosan (40/60) dan  pati talas/kitosan (60/40). Hasil uji kuat tarik bioplastik komposisi pati talas/kitosan (40/60) memiliki nilai kuat tarik tertinggi yaitu 11.740 MPa, sedangkan yang terendah pada komposisi pati talas/kitosan (60/40) dengan nilai kuat tarik sebesar 7.470 MPa. Persen elongasi terbesar terdapat pada bioplastik dengan komposisi pati talas/kitosan (60/40) yaitu 18.905% dan persen elongasi terendah pada komposisi pati talas/kitosan (50/50) yaitu sebesar 14.028%. Hasil pengamatan terhadap laju degradasi bioplastik dari yang paling cepat terdegradasi ke yang paling lambat terdegradasi secara berturut-turut adalah komposisi pati talas/kitosan (40/60), komposisi pati talas/kitosan (60/40) dan  komposisi pati talas/kitosan (50/50). Kata Kunci: Bioplastik, kitosan, pati talas, minyak jarak THE DEVELOPMENT AND CHARACTERIZATION OF BIOPLASTIC FROM CHITOSAN, TARO STARCH (Colocasia esculenta) AND CASTOR OIL ABSTRACTBioplastic development is one of the alternative solutions to overcome the problem of waste. Bioplastic is plastics produced from renewable ingredients such as taro starch and chitosan. The purpose of this study is to determine the effect of composition of taro starch and chitosan with castor oil as a plasticizer toward tensile strength test, bioplastic resistance in solvent and bioplastic degradation ability. Bioplastic was made by blending taro starch and chitosan on various compositions which is 15% of them is castor oil. Bioplastic characterization was performed by bioplastic resistance test in solvent, tensile strength test and plastic biodegradation test by using Psedomonas aeroginosa bacteria. The results of analysis of bioplastic resistance in water solvent, ethanol and HCl (pH=5) from highest to lowest were taro starch/chitosan (50/50), taro starch/chitosan (40/60) and taro starch/chitosan (60/40). The tensile strength test of bioplastic composition of taro starch/chitosan (40/60) has the highest tensile strength value of 11,740 MPa, while the lowest is the composition of taro starch/chitosan (60/40) with tensile strength value of 7,470 MPa. The largest percentage of elongation was found in bioplastic with taro starch/chitosan composition (60/40) that was 18.905% and the lowest percentage of elongation in taro starch/chitosan composition (50/50) that was 14.028%. The results of observations on the rate of bioplastic degradation from the fastest degraded to the slowest degraded successively were taro starch/chitosan composition (40/60), taro starch/chitosan composition (60/40) and starch/chitosan composition (50 / 50). Keywords: bioplastic, chitosan, taro starch, castor oil 
Pengaruh Penerapan Strategi Scaffolding Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Banda Aceh Pada Submateri Tata Nama Senyawa Hidrokarbon Faizah Muna nabila; Abdul Gani; . Habibati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 2, No 2 (2017): May 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.465 KB)

Abstract

AbstrakTelah dilakukan penelitian dengan judul pengaruh penerapan strategi scaffolding terhadap ketuntasan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 4 Banda Aceh pada submateri tata nama senyawa hidrokarbon. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.. Subjek penelitian yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 dan 31 orang. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa soal tes (tes awal dan ulangan harian) serta lembar observasi sikap. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji-t untuk membuktikan hipotesis serta rumus persentase. Berdasarkan uji hipotesis hasil yang diperoleh yaitu Hoditerima karena hasil thitung ttabel yaitu 1,853 2,0409. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sedikit lebih tinggi dari kelas kontrol dengan persentase sebesar 73 69,66%. Penilaian sikap secara klasikal diolah dengan menggunakan rumus persentase dengan hasil rata-rata sebesar 74,8% pada kelas eksperimen dan 73,16% pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan strategi scaffolding terhadap ketuntasan hasil belajar peserta didik pada submateri tata nama senyawa hidrokarbon.Kata kunci : Scaffolding, Ketuntasan Hasil Belajar, Tata Nama Senyawa Hidrokarbon.AbstractIt has conducted the research entitled, “The Effect of Implementation of Scaffolding Strategy in Students’ Learning Outcomes in Nomenclature of Hydrocarbons Subject at SMAN 4 Banda Aceh”. This research was conducted by using quantitative approach and the type of this research was experimental research. The subject of this research was class XI IPA 2 as control class and XI IPA 3 as experimental class, which consist of 30 students and 31 students. The technique of data collection of this research was the test and observation. Meanwhile, the research instrument of this study was test (pre-test, daily test, and observation sheet attitudes of the students). The data analyzed by using t-test and formula to prove the hypothesis. Based on the hypothesis, Ho is accepted since t-value is 1,853 2,0409. The result showed that the percentage of the experimental class students’ learning outcomes is 73,15  greater than control class that is 69,66% with an average value is 2,82 and 2,78. The ratting attitudes of the students processed by using the formula, which the result is 74,8 in the eksperimental class and 73,16% in the control class. Based on the result, it can be concluded that there is no significant improvement in the students’ learning outcomes in the nomenclature of hydrocarbon subject.Key Words : Scaffolding, Students’ Learning Outcomes, Nomenclature of Hydrocarbons.

Page 1 of 10 | Total Record : 98