Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 1 (2018): FEBRUARI 2018

KENDALA – KENDALA YANG DIHADAPI MAHASISWA PRAKTIKAN PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PGSD FKIP UNSYIAH DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 69 BANDA ACEH

Mila Fizarniati (Unknown)
Bukhari Bukhari. (Unknown)
Adnan Adnan. (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2018

Abstract

Penelitian yang berjudul ”Kendala–kendala Yang Dihadapi Mahasiswa Praktikan Pengalaman Lapangan (PPL)  PGSD FKIP Unsyiah Dalam Pembelajaran Di SD Negeri 69 Banda Aceh ” ini mengangkat masalahapakah adakendala–kendala yang dihadapi mahasiswa/i praktikan pengalaman  lapangan (PPL) dalam proses pembelajaran di SD Negeri 69 Banda Aceh. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa/i PPL dalam proses mengajar belajar di SD Negeri 69 Banda Aceh. Subjek Penelitian ini sebanyak 4 mahasiswa dilakukan yang sedang melaksanakan tugas praktikan. Data dikumpulkan  dengan teknik observasi dan  wawancara. Pengolahan data menggunakan reduksi data (Data Reducation) penyajian data (Data Display) conclusion drawing (Verification). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SD Negeri 69 Banda Aceh terdapat beberapa kendala guru PPL yaitu: (1) guru PPL kurangmampudalammenguasaikelas(2) guru PPL mempunyai kendala dalam merencanakanpembelajaran(3) Guru PPL masih sulit dalam menentukan strategi belajar mengajar (4)Guru PPL sulit menghadapi program pengajaran disekolah(5) guru PPL sulit membentuk kelompok belajar siswa (6) guru PPL sulit mengembangkan materi ajar (7) guru PPL mempunyaikendaladalampemanfaatan media pembelajaran. 

Copyrights © 2018