Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Darussa’adah Cikadueun dan sampel penelitian ini adalah kelas VIIIA yang berjumlah 21 orang (sebagai kelas kontrol) dan kelas VIIIB yang berjumlah 21 orang (sebagai kelas eksperimen). Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran CPS dan pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar dengan model CPS sebesar 77,90 lebih baik dari hasil belajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 70,66, dan peningkatan dapat dilihat dari uji t tes N-gain yaitu sebesar 9,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang positif bila menggunakan model CPS terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa MTs Darusa’adah Cikadueun.Kata Kunci: Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa
Copyrights © 2021