PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 9, No 1 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dengan Menggunakan Media Power Point terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Al-Azhar

Martono, Sutiadi (Unknown)
Yusnita, Yessy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check menggunakan Power Point terhadap hasil belajar matematika; (2) Efektivitas model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika; (3) Perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check menggunakan Power Point dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini kuasi eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Al Azhar. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian adalah VIIC sebagai kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check menggunakan Power Point sebanyak 30 siswa dan VIID sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 4 soal. Dalam penelitian, instrumen sudah dianalisis validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan  reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t satu sampel untuk hipotesis 1 dan 2 serta untuk hipotesis 3 menggunakan independent sample t-test. Koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,846. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata tes hasil belajar matematika kelas eksperimen adalah 80,20 dan skor rata-rata kelas kontrol adalah 71,87. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check menggunakan Power Point efektif terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi adalah 0,011; (2) Model pembelajaran konvensional tidak efektif terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi adalah 0,231; (3) Terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check menggunakan Power Point dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi adalah 0,017.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...