PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 9, No 1 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PENGARUH PENDEKATAN MODEL-ELICTING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN GENERALISA MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Putri, Shella Mars (Unknown)
Afgani, M. Win (Unknown)
Agustiani, Riza (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2020

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan penalaran generalisasi matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Jenis penelitian yaitu kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan desain eksperimen dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian yaitu kelas X IPA dan yang menjadi sampel, yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes akhir sebagai pengukur kemampuan penalaran generalisasi matematis. Analisis data yang digunakan yaitu uji-t (Independent Sample T-test) dengan taraf signifikan  = 0,05 diperoleh thitung= 6,28 dan ttabel= 1,99. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan penalaran generalisasi matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linear tiga variabel.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...