JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Vol 5, No 1 (2020): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH

BENTUK DAN DAMPAK PERILAKU BULLYING TERHADAP PESERTA DIDIK

Viola Amnda (Universitas Negeri Padang)
Septia Wulandari (Universitas Negeri Padang)
Suci Wulandari (Universitas Negeri Padang)
Saskia Nabila Syah (Universitas Negeri Padang)
Yopie Andi Restari (Universitas Negeri Padang)
Septina Atikah (Universitas Negeri Padang)
Engkizar Engkizar (Universitas Negeri Padang)
Fuady Anwar (Universitas Negeri Padang)
Zainul Arifin (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi apakah bentuk dan dampak dari perilaku bullying terhadap peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diambil melalui wawancara mendalam kepada dua puluh orang informan yang terdiri dari peserta didik Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, Guru, Kepala Sekolah, Security, tokoh masyarakat dan orang tua. Seluruh data wawancara kemudian dianalisis secara tematik menggunakan software analisis kualititaf NVivo 10. Secara keseluruhan hasil penelitian mendapati sembilan tema penting berkaitan dengan bentuk serta dampak perilaku bullying terhadap peserta didik. Sembilan tema tersebut terbagi kepada tiga tema terkait dengan bentuk perilaku bullying yaitu i) bentuk fisik, ii) verbal iii) psikologis. Selanjutnya enam tema terkait dengan dampak yang ditimbulkan yaitu; i) hilangnya rasa percaya diri, ii) terintimidasi, iii) rendah diri, iv) perasaan tidak aman dan nyaman, v) takut bersosialisasi dengan lingkungan dan vi) sulit berkonsentrasi dalam belajar. Perilaku bullying tidak mempunyai tempat dalam dunia pendidikan, namun faktanya permasalahan tersebut sering muncul secara berulang-ulang tanpa mengenal waktu dan tempat. Justru itu menurut penulis semua pihak tidak hanya sekolah, orang tua serta peran aktif masyarakat sangat diperlukan dalam usaha pencegahannya agar tidak terus terulang lagi, sebab berdasarkan penelitian ini perilaku bullying berdampak negatif bagi peserta didik baik secara fisik apalagi psikis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah (JKPS) merupakan jurnal ilmiah penelitian pendidikan yang memuat hasil penelitian dan/atau kajian analitis - kritis di bidang kepemimpinan kepala sekolah, proses pembelajaran dan evaluasi pendidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan model ...