Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning, cooperative script dan problem solving pada mata pelajaran ekonomi di SMA Kristen 1 Tomohon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design, dengan nonequivalent control group design dan struktur desain matching pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII-A, XII-B dan kelas XII-C jurusan IPS yang terdiri dari kelas XII-A, kelas XII-B dan kelas XII-C. instrument pengumpulan data menggunakan Tes yang terbagi dua yaitu pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan Uji kesamaan dua rata-rata atau uji t. hasil penelitian yaitu dengan melaksanakan dua pengujian, secara Pair dan secara independen dengan memiliki hasil thitung (27.051) > ttabel (1,69) artinya tolak H0 dan terima H1, dengan simpulan terdapat perbedaan hasil belajar antara nilai post-test dengan model pembelajaran contekstual teaching and learning, thitung (217) > ttabel (1,69) artinya tolak H0 dan terima H1, dengan simpulan terdapat perbedaan hasil belajar antara nilai post-test dengan model pembelajaran Cooperative Script dan untuk kelas XII-C yang diberikan treatment menunjukan hasil yang sama yaitu ada perubahan dan kenaikan hasil belajar hal ini ditunjukkan dalam nilai post-test thitung (11.05) > ttabel (1,69) yang artinya tolak H0 dan terima H1.
Copyrights © 2020