Metodik Didaktik
Vol 15, No 2 (2020): Metodik Didaktik Januari 2020

KOMPARASI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TEAM-GAMES-TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Kaharuddin, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa SD yang diajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Team-Games-Tournament. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah instrumen hasil belajar dan aktivitas. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji deskriptif dan inferensial dengan uji independent sample test. Hasil analisis data secara deskriptif dalam penelitian ini ialah hasil belajar matematika siswa setelah diajar dengan model kooperatif tipe Jigsaw dan Team-Games-Tournament memberikan indikasi bahwa model kooperatif Team-Games-Tournament lebih baik dari pada Jigsaw ditinjau dari hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil analisis secara inferensial dengan uji-t menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, atau dengan kata lain model kooperatif tipe Team-Games-Tournament lebih baik dari pada Jigsaw dalam pembelajaran matematika siswa Sekolah Dasar

Copyrights © 2020