cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Metodik Didaktik
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 126 Documents
KAJIAN TENTANG MOTIVASI BELAJAR SENI TARI MELALUI KEGIATAN APRESIASI SENI PADA MAHASISWA PGSD Wulandari, Hayani
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 10, No 2 (2016): Metodik Didaktik Januari 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v10i2.3177

Abstract

Motivasi belajar seni tari sangat penting dimiliki mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pembelajaran seni tari dengan menggunakan kegiatan apresiasi seni. Motivasi  merupakan hasrat untuk belajar individu. Secara umum dapat dikatakan bahwa motivasi merujuk kepada seluruh proses bergerak yang mendorong dan timbul dari dalam diri individu, tingkah laku yang ditimbulkan oleh situasi tersebut dan tujuan akhir dari gerakan atau perbuatan. Hasrat yang harus terus di olah dan ditumbuhkan dalam pembelajaran seni tari dengan menggunakan apresiasi, karena dalam berapresiasi seni mengandung kepekaan estetik, begitu pula dalam berekspresi seni juga mengandung kepekaan estetik, dan dalam berkreasi seni juga bergulat dengan keestetikaan. Proses yang demikian ini akan menjadikan pengalaman estetik bagi peserta didik sesuai dengan keinginan bagi kepentingan pendidikan estetika melalui pembelajaran seni tari. Ketika pengalaman seperti ini dilakukan berulang-ulang maka diharapkan daya apresiasi mahasiswa terhadap seni tari semakin meningkat. Peningkatan daya apresiasi mahasiswa terhadap seni tari diharapkan dapat memotivasi mahasiswa terhadap pembelajaran seni tari di kelas. 
MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY Rohayani, Siti
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 11, No 1 (2016): Metodik Didaktik Juli 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v11i1.3788

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh studi awal yang menunjukkan bahwa hasil belajar dalam pembelajaran matematika di SMP 1 Plumbon yang belum memuaskan. Berdasarkan hasil refleksi, hal ini ditenggarai oleh pembelajaran yang dilakukan guru masih bersifat konvesnsional dan verbal. Oleh karena itu peneliti bermaksud melakukan upaya-upaya perbaikan pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah classroom action research yang meliputi langkah-langkah perencanaan, pelaksaaan dan observasi serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pemahaman matematika siswa meningkat setiap siklusnya, aktivitas siswa juga meningkat.
PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK MELALUI PENGAJARAN PERSONAL SAFETY SKILLS Mashudi, Esya Anesty; Nur' aini, Nur' aini
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 9, No 2 (2015): Metodik Didaktik Januari 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v9i2.3253

Abstract

The increasingly widespread phenomenon of children sexual abuselead to intervention and prevention efforts in overcome the malicious effects ofsexual abuse against children. Various ideas have been triggered mental healthexperts, in order to prevent the occurrence of sexual abuse against children. Oneof many efforts that praised by international community is teaching personalsafety skills to children, this method was popularized by Bagley and King in 2004.Personal safety skills are a set of skills that need to be owned by children, so thatthey can refrain themselves from perpetrators of sexual abuse and the situationsthat allow sexual abuse, children are also taught to recognize the sensitive partsof their body, how to maintain personal limbs of another person touches thatmake them uncomfortable, and reported perpetrators of sexual abuse to trustedadult. This paper aims to explain the phenomenon of sexual abuse againstchildren, and how the prevention of children sexual abuse can be done throughteaching personal safety skills. Children with personal safety skills have a strongtendency to recognize, resist and report the situations that allow sexual abuse.
ENGARUH PENDEKATAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT (CPA) TERHADAP PENCAPAIAN KEMAMPUAN SPATIAL SENSE (KSS) SISWA SD Putri, Hafiziani Eka; Julianti, Ratna; Adjie, Nahrowie; Suryani, Nur Endah
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 13, No 1 (2017): Metodik Didaktik Juli 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v13i1.7692

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran dengan pendekatan CPA terhadap pencapaian kemampuan spatial sense siswa Sekolah Dasar (SD) jika ditinjau secara keseluruhan dan Kemampuan Awal Matematis (KAM). Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain kontrol pretes dan postes pada mata pelajaran Matematika dengan pokok bahasan bangun ruang terhadap 74 siswa sekolah dasar di Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan dengan dua kelompok belajar; kelompok yang menggunakan pendekatan CPA sebagai kelompok eksperimen, dan kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional sebagai kelompok kontrol. Analisis data baik secara deskriptif maupun inferensial menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan spatial sense siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan CPA lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; baik ditinjau secara keseluruhan dan tiap kelompok KAM.Dengan demikian, pembelajaran CPA dapat mengembangkan kemampuan spatial sense siswa sekolah dasar. 
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA (Sebuah Refleksi) TR, Burhanuddin
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 10, No 1 (2015): Metodik Didaktik Juli 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v10i1.3244

Abstract

Manusia berkarakter merupakan tujuan pendidikan Agama Islam, yaiitumanusia yang: a) mampu bertaqarrub dan menghambakan dirinya secara totalitas terhadap anturan Allah dan rasulNya, dan b) layak hidup sebagai manusia. Ia dapat membebaskan diri dari ketergantungan terhadap benda, pendewaan terhadap dunia. Ia tampil sebagai manusia yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan sesuai fitrahnya yang dalam falsafah orang Pasundan atikan nu ngahasilkeun “Jalema nu cageur, bageur, bener, pinter, tur singer”, luyu jeung kunci budaya Ki Sunda, yakni siliasuh, siliasih,dan siliasah geusan ngahontal siliwawangi (siliwangi). Untuk dapat menghasilkan manusia yang berkarakter, diperlukan suri tauadan bersama antara orang tua, guru di sekolah, dan para tokoh Agama dan masyarakat di lingkungan sekitar. Patut pula diingat bahwa pembentukan jati diri manusia berkarakter berada pada tataran afeksi, dan pembelajaran dunia afeksi akan berhasil apabila dilakukan melalui metode “pelakonan, pembiasaan, dan suri tauladan” manusia-manusia dewasa.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN Hodijah, Siti; Widodo, Suprih; Adjie, Nahrowi
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 10, No 2 (2016): Metodik Didaktik Januari 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v10i2.3182

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kondisi objektif keterampilan berbicara anak di TK Tunas Harapan, (2) proses pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran untuk meningkatkan keterampilan berbicara, serta (3) keterampilan berbicara anak setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran.Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Hopkins yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya melalui langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelompok  B  TK Tunas Harapan Purwakarta tahun 2015/2016 yang berjumlah 15 siswa, yang terdiri dari 10 perempuan dan 5 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara mengalami peningkatan. Hal ini dapat terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa yang mempunyai nilai Berkembang Sangat Baik (BSB), bahwa sebelum tindakan anak yang mempunyai nilai rata-rata Berkembang Sangat Baik (BSB) 13,33%, siklus I nilai rata-rata Berkembang Sangat Baik (BSB) 15,18%, dan siklus II nilai rata-rata Berkembang Sangat Baik (BSB) 61,1 %,  jadi dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B TK Tunas Harapan Kecamatan/Kabupaten Purwakarta.
PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN SURAT AL-TAHRIM/66 AYAT 6 TR, Burhanudin
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 12, No 2 (2017): Metodik Didaktik Januari 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v12i2.7683

Abstract

Masalalah yang diangkat dalam kajian ini adalah masih adan keluarga muslim yang hidupnya belum layak disebut keluarga yang islami. Untuk menjawab masalah dimaksud, perlu diungkap pertanyaan kajian: a) apa makna pendidikan pendidikan menurut  Al-Islam?, b) apa makna pendidikan keluarga menurut Al-Islam ?, dan c) nilai-nilai pedidikan keluarga  apa saja yang terkandung dalam surah Al-Tahrim ayat 6?. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam kajian ini, ingin mengetahui tentang makna: a) pendidikan menurut islam, b) pendidikan keluarga menurut islam, dan c) nilai-nilai pendidikan keluarga yang terkandung dalam surah Al-Tahrim ayat 6. Sedangkan manfaat yang didapat adalah adanya kontribusi bagi dunia pendidikan yang pada gilirannya, konsep pendidikan terutama pendidikan keluarga yang terkandung dalam Al-Quran surah Al-Tahrim ayat 6 dapat diaplikasikan, baik oleh para pendidik secara umum, maupun para orang tua sehingga mampu memberikan bimbingan, arahan dan latihan kepada mutarabbi atau anak–anaknya agar mereka bertingkah laku sesuai dengan ajaran Al-Islam atau menjadi anak yang berkepribadian muslim.Simpulan yang didapat dalam kajian ini bahwa pendidikan menurut Al-Islam adalah mempersiapkan dan menumbuh anak atau individu yang dilakukan oleh pendidik  yang prosesnya berlangsung secara terus menerus sejak lahir sampai meninggal wafat. Pendidikan keluarga merupakan bimbingan, pengajaran, dan latihan-latihan yang diberikan oleh orang tua sebgai pendidik terhadap anaknya dalam lingkungan keluarga yang merupakan institusi pertama dan utama dalam meletakan dasar-dasar pendidikan bagi pendidikan berikutnya secara kontinu, konsisten, dan berkesinambungan demi terciptanya anak yang berkepribadian Muslim.
PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Pokok Bahasan Energi Listrik dan Perubahannya Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar) Sulistyowati, Desy; Putri, Suci Utami; Sumiati, Tati
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 11, No 1 (2016): Metodik Didaktik Juli 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v11i1.3784

Abstract

This research is motivated by the lack of attention from the teacher to the learners’ scientific attitude in learning science at elementary school. This happened because of the lack of balance in developing the nature of learning science which resulted in the students’ low scientific attitude. The researchers applied inquiry based learning method. The purpose of this study is to determine the influence of the scientific method of inquiry on the attitudes of students in learning science. This research used quasiexperiment designthrough Non-equivalent control group design. The subject of this study focused on 30 students of class VI A and 34 students of class VI B. The research instrumentsare a questionnaire to measure the students’ scientific attitude in the  pretest  and  posttest, and the observation sheet. The empirical result demonstrated; 1) an increase in the dimensions of scientific attitude in control class with N-Gain value of 0.15 which are included in the low category; 2) an experimental class increased scientific attitude with N-Gain 0.53 which are included in the category; 3) There are significant differences to the scientific attitude of sixth grade students of primary school in the experimental class who obtained learning by using the methods of inquiry and control classes by applying the conventional approach. The results from analysis test, the average difference in gain, with a P value α (H1 acceptable), showing that there were differences in scientific attitude of students because of the effect of applying the method of inquiry. This research is expected to contribute to education, especially the improvement of primary school science teaching.
KETERAMPILAN RISET MAHASISWA BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI; ANALISIS BERDASARKAN REFLEKSI PERSONAL Solihat, Rini; Rustaman, Nuryani; Widodo, Ari; Saefudin, Saefudin
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 9, No 2 (2015): Metodik Didaktik Januari 2015
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v9i2.3249

Abstract

Trough undergraduate research implementation, undegraduate students were practice planning, conducting, and reporting their research in order to complete their study. At all stages of the research, students are usually guided by two lecturer who act as research mentors. The problem that often arise related to the implementation of this research is the length of the completion time of research that exceeds the standards set by the departement. The problem it self potentially critical becouse it’s one of the indicators that determine the value of department accreditation . Considering that, students difficulties identification which was faced in their research needed. Descriptive approach was chosen to conduct this research. Student teacher of biology (n:50) and biology student (n:35) are the subject of this research. Skill questionnaire was developed in orderto collect research skills information based on student personal reflection. It is known that dominantly all the research subject have difficulties in every research stages, and respectively from the highest is conducting stage, reporting stage, and finnaly planning stage. Certainly this results should be considered by the mentors and earlier attention should be given in the planning stage of the research, because if mentors can be ensure that student understand about what they design in the planning stage, difficulties in the following research stages can be avoided.
MENUMBUHKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI ATIKAN PURWAKARTA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Wulandari, Hayani
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 13, No 1 (2017): Metodik Didaktik Juli 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v13i1.7688

Abstract

Pendidikan karakter sangatlah penting dimiliki oleh anak usia dini untuk meningkatkan kesadaran anak untuk berprilaku  baik. Pendidikan karakter memberikan arah dan cara pandang kepada setiap orang untuk membangun dan mengasah kembali sikap-sikap yang sudah dimiliki oleh setiap orang untuk dimunculkan kembali dalam kehidupan sehari-hari. Atikan Purwakarta sebagai suatu pandangan dalam kearifan lokal yang dibangun atau dibuat oleh Bupati Purwakarta untuk dilaksanakan di sekolah-sekolh yang ada di Kabupaten Purwakarta. Penguatan kajiannya dalam  penyelenggaraan pendidikan berkarakter di Kabupaten Purwakarta ini meliputi rangkaian kegiatan pembinaan dan pengasuhan pelajar di dalam dan di luar sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah guna mengembangkan potensi diri, mental, spiritual, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan negaranya. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai perkembangan anak usia dini dengan karakteristiknya, berbagai cara yang dapat membantu implementasi  atikan Purwakarta untuk menumbuhkan pendidian karakter. Data diperoleh dari studi literatur, dan dokumentasi. Artikel ini menyimpulkan bahwa melalui Atikan Purwakarta dapat menumbuhkan berbagai pendidikan karakter anak usia dini. 

Page 1 of 13 | Total Record : 126