Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 4, No 2 (2016): Desember 2016

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE METAFORA

Sukristin Sukristin (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2018

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi mahasiswa AMKI Ketapang dalam belajar kewirausahaan dengan mengunakan metode metafora. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research) yaitu suatu penelitian yang dikembangkan bersama sama untuk peneliti dan decision maker tentang variabel yang dimanipulasikan dan dapat digunakan untuk melakukan perbaikan. Berdasarkan hasil pengamatan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilakukan oleh dosen lain, persentase bobot yang diberikan oleh pengamat pada KBM siklus I sebesar 75.91%. Dengan adanya perbaikan pada pelaksanaan siklus II, hasil penilaian pada kegiatan belajar mengajar siklus II sebesar 88.03%. Dari data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 16%. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa mahasiswa AMKI Ketapang semester V tahun akademik 2013/2014-1 ketika mereka belajar kewirausahaan lebih termotivasi dengan mengunakan metode metafora. Kata kunci: kewirausahaan, metode metafora, meningkatkan motivasiAbstract: The purpose of this research is to increase the motivation of AMKI Ketapang students in entrepreneurship learning by using metaphor method. The method used in this research was Classroom Action Research method (Classroom Action Research),a research developed jointly for researcher and decision maker about manipulated variable and can be used to make improvement. Based on the observation of teaching and learning activities (KBM) conducted by other lecturers, the percentage of weight given by observers in cycle I of KBM amounted to 75.91%. With the improvement in the implementation of cycle II, the results of the assessment on teaching and learning activities in cycle II achieved to 88.03%. To conclude, the data showed an increase of 16%from the first cycle to the second one. From the result of the study that researcher has done, researcher can draw a conclusion that the students of AMKI Ketapangof semester V in academic year 2013 / 2014-1 increase their motivation in learning entrepreneurship by using metaphor method. Keywords: entrepreneurship, metaphor method, increasing motivation

Copyrights © 2016