Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 8 No 1 (2020): Maret

PENGARUH PENERIMAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XII IPA SMA NEGERI 8 MAKASSAR

Imam Permana (UIN Alauddin Makassar)
Ilman Borahima AR (SMPN 2 Sungguminasa)
Fitriani Kadir (Universitas Muslim Maros)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan pengaruh penerimaan diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika kelas XII IPA SMA Negeri 8 Makassar. teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk variabel penerimaan diri dan kemandirian belajar, serta instrumen dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar. ketiga variabel dianalisis dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kemampuan mengenali diri dan skor rata-rata kemampuan mengontrol diri siswa masing-masingberada pada kategori tinggi. Serta skor rata-rata intensi menyontek mata pelajaran fisika siswa berada pada kategori sedang. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung jauh lebih besar dari pada nilai Ftabel maka Ha diterima, artinya pengaruh yang signifikan antara penerimaan diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika kelas XII IPA SMA Negeri 8 Makassar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...