Belanja Online atau biasa dikenal dengan Toko Online atau Online Shop merupakan tempat pembelian barang dan jasa melalui media Internet, atau salah satu bentuk perdagangan elektronik (Ecommerce) yang digunakan untuk kegiatan transaksi penjual ke penjual ataupun penjual ke konsumen melalui sebuah aplikasi dan transaksi dilakukan tanpa layanan perantara. Dari beberapa toko online yang ada di Indonesia menunjukkan bahwa marketnya sangat signifikan, sehingga digemari oleh masyarakat Indonesia. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis untuk melihat sentimen customer dalam belanja di toko Online, menggunakan algoritma naïve bayes Classifier, Algoritma Naive Bayes Classifier merupakan metoda klasifikasi menggunakan metode probabilitas dan statistik. Dalam penelitian ini konsumen ditujukan kepada segmen pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Hasil analisis sentimen customer untuk toko Online A, B, C, D, E adalah Untuk Variabel Harga (VH) sebesar 0.00000023, Variabel Produk (VP) sebesar 0.0000049, Variabel Kemudahan Transaksi (VKT sebesar 0.0000048, Variabel Keamanan Transaksi (VKMT) sebesar 0.0000038, Variabel Kepercayaan (VK) sebesar 0.000015.
Copyrights © 2019