Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol 3, No 2 (2019)

ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SMK KABUPATEN ACEH BESAR

Ade Wanti (Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Khairan AR (Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Andika Prajana (Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2019

Abstract

Teknologi informasi  memberi  pengaruh  besar  terhadap aktifitas pada sektor pendidikan diantaranya pada pendidikann sekolah menengah atas maupun tingkat pendidkan tinggi. Pemanfaatan teknologi informasi dengan bijak, dapat memberikan dampak yang baik untuk masyarakat, seperti bagi tenaga pendidik. Sehingga, seorang pendidik harus dapat memahami penggunaan teknologi informasi ketika melakukan proses belajar mengajar di kelas. Oleh sebab itu, penelitian ini bermaksud melihat pemahaman guru terhadap penggunaan teknologi informasi di tiga sekolah menengah kejuruan (SMK) di Aceh. Observasi dan penyebaran angket adalah dua langkah pengumpulan datapada penelitian ini. Hasil yang didapat kemudian dianalisis dengan program SPSS versi 22.0. Uji yang penulis lakukan untuk penelitian ini diantaranya adalah uji validitas, reliablitas, normalitas, dan uji korelasi yang bertujuan untuk melihat hubungan variabel-variabel yang penulis teliti. Hasil penelitian didapat bahwa, tingkat pemahaman penggunaaan teknologi informasi pada tiga sekolah kurang baik yang dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

cyberspace

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi is an open access, peer-reviewed journal that will consider any original scientific article that expands the field of information technology education and various other related applied computer sciences themes. The journal publishes articles of ...