(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 4 No. 1 (2020)

EFEKTIFITAS METODE YAMANI PADA PEMBELAJARAN TAHFIDŻ AL-QUR’AN DI MI QODRATULLAH BANYUASIN SUMATERA SELATAN

Mukti Ali (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fattah, Palembang)



Article Info

Publish Date
02 May 2020

Abstract

Abstrak Metode Yamani adalah salah satu metode yang di gunakan untuk kegiatan hafalan qur’an yang di laksanakan di Madrasah sebagai upaya untuk meningkatkan hafalan di MI Qodratullah Kota Banyuasin peneiti perlu ingin mengetahui lebih dalam Bagaimana penerapan metode Yamani pada pembelajaran Tahfidż al-Qur’an dan kendala yang di hadapai oleh tutor dalam pelaksanaan metode yamani? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Tahapan penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan di lapangan di dapatkan metode yamani sudah di terpakan dari tahun 2010 sampai sekarang bagi siswa MI di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Qodratullah dengan menggunakan Media HP Murojaah, Kartu Hafalan dan Mushof al-Qur’an, Hasil hafalan siswa dengan menggunakan metode Yamani sangat baik. Kendala bagi siswa antara lain: malas, kurang memuroja’ah hafalan, tidak berbakat menghafal, mengantuk, lupa, banyak bermain. Cara mengatasi faktor penghambat di antaranya yaitu: memberikan pembinaan kepada siswa, mengevaluasi kendala yang ditemui, memberikan motivasi dan nasehat kepada siswa agar senantiasa rajin menghafal, berkerja sama dengan pihak wali siswa dalam mengatasi kendala tersebut Kata Kunci : Metode Yamani, Pembelajaran Tahfidż Al-Qur’an

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...