(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 4 No. 1 (2020)

Persepsi Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Iain Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Umil Muhsinin (Universitas Islam Negeri Sulthah Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia)
Fadhilah Fadhilah (Universitas Islam Negeri Sulthah Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Abstrak Memasuki era MEA 2016, Perguruan Tinggi di Indonesia memegang peranan penting dalam menghasilkan sarjana yang berkompeten serta dapat bersaing secara global. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa faktor yang mempengaruhi, yaitu mahasiswa, dosen, dan fasilitas pendukung proses pembelajaran. Dosen menjadi faktor utama dalam mengendalikan proses pembelajaran, sehingga dapat menciptakan suasana akademis dan bersifat kondusif. Oleh sebab itu, diperlukan suatu penilaian terhadap kinerja dosen yang meliputi kompetensi profesiona, pedagogik, personal, dan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa tentang kinerja dosen di FITK IAIN STS Jambi. Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa/i FITK IAIN STS Jambi semester VI TA. 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan secara simpel random sampling. Analisis data secara analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap kinerja dosen FITK IAIN STS Jambi baik dengan persentase 75,17%; pada kompetensi profesional 77,21%, kompetensi pedagogik 73,90%, kompetensi personal 76,57%, dan kompetensi sosial 73,02%. Kata kunci: persepsi, kinerja dosen Abstract

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...