(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 4 No. 1 (2020)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM

Fiqi Nurmanda Sari (Dosen Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2020

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil perkuliahan mata kuliah bahasa Indonesia terutama pada materi menulis paragraf mahasiswa program studi pendidikan Islam Anak Usia Dini semester 1 Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan media google classroom. Data diperoleh melalui tes, wawancara, dan observasi. Bentuk data berupa tulisan paragraf. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama diperoleh rata-rata nilai mahasiswa adalah 35.8 dan pada siklus kedua hasilnya adalah 73,6. Penelitian ini berakhir pada siklus kedua karena 80,95% mahasiswa memperoleh nilai di atas 70 yang merupakan kriteria minimal ketuntasan penelitian ini. Dengan demikian, penggunaan media google classroom berhasil meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis paragraf. Kata kunci: peningkatan, menulis paragraf, google classroom ABSTRACT This study aims to improve the quality of the process and the results of lectures in Indonesian subjects, especially in the writing material paragraphs students of early childhood Islamic education study program in the first semester of the State Islamic University Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. The method used in this research is classroom action research using google classroom media. Data obtained through tests, interviews, and observations. The form of data in the form of paragraph writing. This class action research was conducted in two cycles. The first cycle obtained the average value of students is 35.8 and in the second cycle the result is 73.6. This study ended in the second cycle because 80.95% of students scored above 70 which is the minimum criterion for completing this study. Thus, the use of google classroom media has succeeded in increasing the ability of students to write paragraphs. Keywords: improvement, paragraph writing, google classroom

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...