Jurnal Organisasi Dan Manajemen
Vol. 3 No. 2 (2007)

REPOSITIONING TOURISM IN INDONESIA USING CONCEPTUAL MODEL OF STRATEGIC MARKETING

Ginting, Ginta (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2020

Abstract

Tulisan ini mengetengahkan suatu model untuk mereposisi sektor pariwisata di Indonesia dengan menekankan pada pengembangan strategi pemasaran. Pengembangan model ini lebih melihat pada aspek kontekstual strategis. Bahasan terfokus pada repositioning pariwisata dengan menggunakan tiga tahapan strategis: analisis situasi saat ini, proses dan implementasi. Beberapa teori pemasaran seperti differentiation, segmentation dan positioning digunakan sebagai pendekatan untuk mengidentifikasi persepsi dan preferensi konsumen terhadap produk dan service yang dihasilkan oleh sektor pariwisata. Paradigma ?cultur base? yang melandasi teori ini menggunakan pendekatan konsep experience marketing yang menekankan pada sisi keatraktifan dan keunikan dalam menciptakan competitive advantage. Model ini diharapkan dapat bermanfaat dalam memecahkan problem sektor pariwisata secara komprehensif.

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

JOM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Merupakan media informasi dan komunikasi para praktisi, peneliti, dan akademisi yang berkecimpung dan menaruh minat serta perhatian pada pengembangan organisasi dan manajemen. Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas ...