Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
Vol 6, No 2 (2016): Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Dinamika Kajian Ekologi Integratif, dalam Membangun Pola Pembangunan yang Berkelanjutan

Kristiyanto Kristiyanto (Universitas Indraprasta PGRI)
Netty Demak Sitanggang (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2016

Abstract

Pola-pola pembangunan saat ini, mencerminkan bagaimana masyarakat dalam menyikapi kekayaan maupun potensi ekologi-lingkungan sekitar, untuk modal dalam pembangunan, di samping perannya sebagai pengemudi dan pengontrol ritme alam, sehingga menentukan stabilitas dinamika hubungan antara sesama dan alam sekitar. Di samping itu, keseimbangan tatanan alam, juga dapat dibangun dan tercipta dari perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi (IPTEKS),yang dikembangkan untuk memudahkan manusia mengeksplore lebih jauh kekayaan atau potensi tatanan ekologi-lingkungan dengan segala konsekuensinya. Oleh karena itu, dimensi kajian ekologi mempunyai peran penting dalam mendeteksi, merefleksi dan mengevaluasi dinamika pembangunan tersebut, sertamampu menentukan langkah kedepan, yang mengarah pada keseimbangan alam yang komprehensif dan integratif, baik secara ekologis maupun non ekologis. Kajian pustaka (Library Research)dan pengamatan intensif (Depth-Observations), yang digunakanuntukmenganalisa kontens dari fenomena ekologismaupun non ekologis, sehingga elaborasi maupunkolaborasikeilmuan sangat dibutuhkandalammemahamidinamikatatananekologismaupun non ekologis, terkaitadanyaproses pembangunan yang terusberjalan. Asumsi mengenai hubungan manusia dengan alam tidak akan tercapai keseimbangan atau harmonisasi, bilamana paradigma pembangunan yang dibangunnya tidak mencerminkan atau merepresentasikan pada kaidah-kaidahekologis yang berlaku. Oleh karena itu, kerusakan demi kerusakan ekologis terus mengalami peningkatan dengan tahap yang semakin mengkwatirkan, yang tentunya dapat mengarah pada tahap kerusakan non ekologis (konflik sosial, ekonomi, budaya, politik, bahkan agama), bilamana tiadanya solusi yang strategis dan alternatif, dalam meresponnyasecaraadaptifdanpersuasif. Kata Kunci: PotensiEkologi-lingkungan,KeseimbanganEkologisdan Non ekologis, KaidahEkologis, sertaPembangunan Berkelanjutan  

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Formatif

Publisher

Subject

Education

Description

Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA (ISSN 2502 5457 for the electronic version and ISSN 2088 351X for the print version) first published in April 2011 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with research, theory ...