Indonesian Journal of Education and Learning
Vol 3, No 2 (2020): VOL 3, NO 2 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATION AND LEARNING

INOVASI METODE DEBAT ALA INGGRIS (British Style Debat) SEBAGAI PEMBEKALAN LITERASI KEWARGANEGARAAN CALON GURU SEKOLAH DASAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

Fatahillah Fatahillah (STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2020

Abstract

Penggunaan Metode Debat Ala Inggris (British Style debate) menjadi salah satu bentuk Inovasi Pembelajaran untuk menanggapi tantangan Disrupsi Revolusi Industri 4.0. yang menuntut Pembekalan Literasi Kewarganegaraan bagi Calon Guru Sekolah Dasar agar kelak mereka dapat memberikan pengajaran Literasi dengan baik, Pertanyaan Penelitian Bagaimana Gambaran Pelaksanaan Debat secara Teoritis dan Praktis? Apakah Metode Debat Ala Inggris memenuhi kebutuhan Literasi Kewarganegaraan di era Revolusi Industri 4.0. pada Mahasiswa sebagai Calon Guru?. Untuk menjawabnya Peneliti mengupasnya melalui perspektif Prinsip Andragogi dan dikaji secara kualitatif melalui Studi Naratif Fenomenologi dengan teknik pengumpulan data berupa: Observasi, Wawancara mendalam, dan Pengukuran Unjuk kemampuan debat, kemudian dianalisis menggunakan analisis domain, hasil dari pengkajiannya menunjukkan secara teoritis dan praksis telah memenuhi Kriteria Prinsip Andragogi yakni kemandirian dalam belajar, Pengalaman belajar sebagai sumber belajar, dan Pembelajaran yang bersifat Student Centered Learning, sedangkan dalam pemenuhan kebutuhan Literasi Mahasiswa Metode Debat telah memenuhi Literasi di bidang penguasaan Digital (digital literacy), Media (Media Literacy), Komunikasi (Communication Literacy).

Copyrights © 2020