JURNAL ILMIAH PETERNAKAN TERPADU
Vol 8, No 1 (2020)

HISTOMORFOLOGI DAN DISTRIBUSI KARBOHIDRAT NETRAL PADA ESOFAGUS DAN PROVENTRIKULUS AYAM HUTAN MERAH (Gallus gallus) ASAL PULAU TIMOR

Yulfia N. Selan (Laboratory of Anatomy, Physiology, Pharmacology and Biochemistry, Faculty of Veterinary Medicine, University of Nusa Cendana)
Filphin A. Amalo (Laboratory of Anatomy, Physiology, Pharmacology and Biochemistry, Faculty of Veterinary Medicine, University of Nusa Cendana)
Inggrid T. Maha (Laboratory of Anatomy, Physiology, Pharmacology and Biochemistry, Faculty of Veterinary Medicine, University of Nusa Cendana)
Herlina U. Deta (Laboratory of Clinical, Reproductive, Pathology and Nutrition, Faculty of Veterinary Medicine, University of Nusa Cendana)
Aplonia B. Y. Teme (Faculty of Veterinary Medicine, University of Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Ayam hutan merah merupakan salah satu satwa endemik di Pulau Timor yang telah mengalami penurunan populasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur histologi dan distribusi karbohidrat netral pada esofagus dan proventrikulus ayam hutan merah (Gallus gallus). Bahan utama penelitian ini berupa potongan tiga sampel jaringan esofagus dan proventrikulus. Ayam dimatikan dengan dislokasi servikal untuk mengambil organ esofagus dan proventrikulus yang difiksasi dalam formalin 10%. Struktur histomorfologi organ diidentifikasi dengan pewarnaan hematoksilin-eosin (HE) dan distribusi karbohidrat netral dengan pewarnaan Periodic Acid Schiff (PAS). Hasil penelitian menunjukkan struktur histomorfologi esofagus terdiri empat lapisan yaitu tunika mukosa, tunika submukosa, tunika muskularis, dan tunika adventisia. Struktur histomorfologi pada proventrikulus terdiri empat lapisan, yaitu tunika mukosa, tunika submukosa, tunika muskularis, dan tunika serosa. Distribusi karbohidrat netral pada kelenjar esofagus menunjukkan reaksi positif kuat sedangkan lamina epitel serta jaringan ikat longgar di lamina propria dengan reaksi positif lemah, dan pada proventrikulus terlihat reaksi positif kuat pada sel-sel yang melapisi epitel dan rongga kelenjar tubular sederhana. Kata kunci: Ayam Hutan Merah, Esofagus, Proventrikulus, Karbohidrat netral.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPT

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Other

Description

JURNAL ILMIAH PETERNAKAN TERPADU (JIPT) is a double blind peer-reviewed open-access journal with an editorial board made up of experts in this field. JIPT is a scientific journal covering various aspects of animal husbandry science published since 2012. JIPT is published three times a year in March, ...