Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 3, No 1 (2020): April

MODEL MULTILITERASI: RE ORIENTASI GURU DALAM MENGEMAS KONSEP PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR PADA ABAD KE-21

Sigit Vebrianto Susilo (Scopus ID: 57211607107. Universitas Majalengka)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Sejalan dengan perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi, revolusi industry 4.0, serta gencarnya pergerakan arus globalisasi menyisakan sejumlah tantanganĀ  khususnya bagi pendidikan Indonesia. Maraknya penggunaan teknologi bagi manusia dewasa ini sudah menjadi suatu kebutuhan pokok sehingga setiap detik tidak lepas dari yang namanya teknologi. Dewasa ini penggunaan alat komunikasi atau smarphone, mengakses internet, menggunakan laptop, dan perangkat teknologi lainya sudahn menjadi suatu kebutuhan bagi manusia modern hari ini. Segala sesuaitu kebutuhan hidup berada di ujung jari maka semua yang kita harapkan dan inginkan dengan mudah hadir di depanĀ  mata kita. Bertemali dengan hal tersebut, sebuah konsep pembelajaran seyogianya harus mampu mengakomodasi kebutuhan sesuai dengan tuntutan zaman. Hari dari mulai orang dewasa hingga anak-anak sudah sangat akab dengan teknologi. Sehingga orientasi dalam menghadirkan pembelajaran secara menarik dan menyenangkan bagi siswa dengan dikolaborasikan dengan teknologi. Namun demikian ada sebuah kekhawatiran terkait dengan masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia akan mempengaruhi karakteristik masa depan generasi penerus bangsa. Oleh sebab itu, pembelajaran berbasis nilai-nilai budaya lokalpun harus digalakan oleh setiap guru sehingga bangsa ini tidak kehilangan jati diri sebagai sebuah bangsa yang mempunyai keberagaman budaya yang sangat kental. Odal pembelajaran multiliterasi mempunyai karakteristik menghadirkan pembelajaran yang yang mempunyai nilai-nilai multi modalitas, multi budaya, dan multi gaya belajar. Dengan demikian, model multiliterasi apabila kita kita tinjau dari sintaks dasarnya akan mampu mengakomodir kebutuhan belajar guru dan siswa untuk mengembangkan pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan zaman. Selain daripada itu, model ini juga akan mampu menghadirkan pembelajaran dengan nilai-nilai budaya lokal sehingga dapat mengembangkan manusia Indonesia yang unggul dan memiliki jiwa futuristik dengan memiliki karakter dan ciri khas sesuai dengandalam konteks keIndonesiaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...