PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA
2020: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 10 JANUARI 2020

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN BERDAYA SAING MAHASISWA

Oktavia, Yunisa (Universitas Putera Batam)
Susanto, Alpino (Universitas Putera Batam)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2020

Abstract

 Abstract— This research is motivated by the ineffective use of e-learning that has been provided by the campus, the accuracy of students in answering questions when discussions and demonstrations in the classroom are not optimal, the need for the application and inculcation of character education to students, and the development of modules aims to improve competitiveness in a healthy way between students. The purpose of this study is to produce a product in the form of an Indonesian language module based on the guided discovery learning method which is loaded with character education and competitiveness for valid, practical, and effective Umrah students. The subjects of this research trial were students of engineering studies in semester 1 of the academic year 2018/2019. This type of research used research and development and research methods using the 4-D model, namely define, design, development, and disseminate. Based on the results of data analysis showed that the overall module validity test obtained a validity value of 88.31% in the category of very valid, module practicality test by lecturers obtained a value of 88.22% in the category of very practical and module practicality test by students obtained a value of 84, 52% in the very pratic category. The effectiveness test results that 9 students get qualifications A with a range of grades 3.51−4.00, 7 students get a qualification B with a range of grades 3.00−3.50 and 2 students get a C qualification with a range of grades 2.50− 2.99. It can be concluded that the module is very valid, practical, and effectively used by students in tertiary institutions. Keywords— module, guided discovery learning method, character education, competitive. Abstrak- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak efektifnya penggunaan e-learning yang telah disediakan oleh kampus, keakuratan siswa dalam menjawab pertanyaan ketika diskusi dan demonstrasi di kelas tidak optimal, perlunya aplikasi dan penanaman pendidikan karakter. kepada siswa, dan pengembangan modul bertujuan untuk meningkatkan daya saing secara sehat di antara siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk dalam bentuk modul bahasa Indonesia berdasarkan metode pembelajaran penemuan terbimbing yang sarat dengan pendidikan karakter dan daya saing untuk siswa Umrah yang valid, praktis, dan efektif. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa studi teknik di semester 1 tahun akademik 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dan penelitian menggunakan model 4-D, yaitu define, design, development, dan diseminasi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan uji validitas modul memperoleh nilai validitas 88,31% pada kategori sangat valid, uji kepraktisan modul oleh dosen diperoleh nilai 88,22% pada kategori sangat praktis dan uji kepraktisan modul oleh siswa memperoleh nilai 84, 52% dalam kategori sangat pratic. Hasil uji efektifitas bahwa 9 siswa mendapat kualifikasi A dengan kisaran nilai 3,51−4,00, 7 siswa mendapat kualifikasi B dengan kisaran nilai 3,00−3,50 dan 2 siswa mendapat kualifikasi C dengan kisaran nilai 2,50− 2,99. Dapat disimpulkan bahwa modul ini sangat valid, praktis, dan efektif digunakan oleh siswa di perguruan tinggi. Kata kunci— modul, metode pembelajaran penemuan terbimbing, pendidikan karakter, kompetitif.

Copyrights © 2020