JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 8 No 1 (2020): Vol.8.No.1.2020

PENGARUH AKTIVITAS BERORGANISASI TERHADAP HASIL BERLAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2018

Iwan Ridwan Yusup (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Nahla Navilah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Nazma Kamilatul Nurhidayah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Nicky Rhaina Risti (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2020

Abstract

Organisasi kemahasiswaan dianggap menjadi pilihan yang penting untuk menjadi sarana mengembangkan penalaran, keilmuan, minat, serta adanya motivasi mahasiswa untuk bisa aktif baik di dalam maupun di luar universitas yang bertujuan untuk memperluas wawasan, ilmu dan pengetahuan lain diluar perkuliahan yang dapat membentuk kepribadian mahasiswa. Namun disamping itu organisasi juga dapat menjadi salah satu objek yang menjauhkan mahasiswa dari hakikat awalnya yaitu belajar hingga berdampak pada hasil belajar itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas berorganisasi mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2018 terhadap hasil belajarnya. Data penelitian ini didapatkan dari internal objek penelitian dan bersifat kuantitatif dan deskriptif. Dimana hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa aktivitas berorganisasi berpengaruh pada hasil belajar, dilihat dari nilai IPK yang menjadi acuan utama hasil belajar itu sendiri

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...