Penelitian ini dirancang untuk menguji pengaruh atmosfer kenyamanan toko, aktivitas relationship marketing, dan harga khusus terhadap retensi pelanggan. Obyek penelitian yang dipilih adalah para pelanggan dari Toko Swalayan Dachi Mart Teluk Dalam. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sample pada penelitian ini adalah convenience accidental sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 sampel. Metode pengumpulan data diperoleh melalui pembagian kuesioner kepada para responden. Hasil dari data survey selanjutnya diolah dengan analisis regresi yang dijalankan dengan bantuan program SPSS. Instrumen pengukuran yang digunakan untuk keempat variabel (atmosfer kenyamanan toko, aktivitas relationship marketing, harga khusus dan retensi pelanggan) telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen (atmosfer kenyamanan toko, aktivitas relationship marketing, dan harga khusus) yang diajukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi pelanggan. Hal ini berarti ketiga hipotesis yang diajukan diterima.
Copyrights © 2020